Daerah

Dinas Perkim Tanjabtim Terlalu Fokus Mengurusi Bangunan Fisik

RLH Soroti Kinerja Dinas Perkim Tanjab Timur

Tanjabtim, Journalarta.com – Lembaga Lingkungan Restorasi Lingkungan Hijau (RLH) menyoroti kinerja Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Tanjab Timur. RLH menilai Dinas Perkim Tanjabtim terlalu fokus mengurusi bangunan fisik yang project oriented, namun belum menyentuh persoalan penataan permukiman dan perumahan.

“Kalau penilaian kita dinas Perkim Tanjab Timur minim prestasi, karna lebih banyak mengurus soal proyek fisik. Namun belum menyentuh persoalan bagaimana penataan permukiman yang berbasis ramah lingkungan dan menjaga kearifan lokal. Meskinya Perkim harus juga fokus soal seperti penataan lingkungan dalam kawasan permukiman, bukan setiap tahun fisik terus yang di kerjakan,” Jelasnya, Rabu(28/04/2021).

Baca juga: Lembaga RLH Resmi Laporkan PT EWF ke Polres Tanjabtim

Sahroni menegaskan, seharusnya Dinas Perkim lebih fokus menjaga dan menata Lingkungan permukiman yang sudah di bangun.

“Coba kita lihat saat ini, trotoar dan gorong-gorong di kawasan gor, semuanya tidak terawat dengan baik. Trotoar sepanjang jalur dua, di situ tidak di tata dengan baik. Belum lagi soal persoalan pamsimas dan Ipal Komunal, tambah parah. Kita sudah menyurati dinas itu beberapa minggu yang lalu untuk audiensi namun hingga kini tidak ada jawaban,” tegasnya.

Sahroni kembali menambahkan, ” Belum lagi persoalan penataan kawasan permukiman, seharusnya memiliki blue print yang jelas. Dinas perkim harus membangun atau menata perumahan dan permukiman berbasis lingkungan dan menjaga kearifan lokal, bukan hanya sekedar membangun,” tutupnya.(Ded/red)

Baca juga: RLH Surati DPRD Tanjabtim, Desak Bentuk Pansus Terkait Loading Ramp


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts