Daerah

Rumpon Terbuat Dari 2000 Knalpot Motor Diturunkan di Pulau Ketawai

Kapolda Babel Bersama Wakil Bupati Bateng Turunkan Rumpon di Perairan Pulau Ketawai

Bangka Tengah, Journalarta.com – Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo mendampingi Kapolda Bangka Belitung monitoring kegiatan Penurunan Rumpon di Pulau Ketawai, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

“Hari ini kami dari Polres Bangka Tengah turut ikut mendampingi Kapolda Bangka Belitung bersama rombongan untuk melakukan kegiatan penurunan rumpon,” ujar AKBP Slamet Ady Purnomo, Kamis (27/5/2021).

Kegiatannya dilakukan sekitar pukul 09.30 wib, di mulai Kegiatan penurunan rumpon oleh Kapolda Kep. Bangka Belitung bersama rombongan.

Di tempat yang sama Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menyampaikan bahwa rumpon tersebut berguna untuk menjaga ekosistem laut di Bangka Belitung.

“Rumpon yang kita turunkan hari ini, berguna untuk melestarikan budidaya laut atau ekosistem laut di Bangka Belitung, khususnya di Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah,” ungkap Irjen Pol Anang.

“Nantinya akan ada banyak ikan berkumpul dan menjadi semakin banyak lagi, sehingga memudahkan para nelayan dalam menangkap ikan, serta
bisa menjadi objek wisata snorkling atau memancing,” timpalnya.

Ia mengimbau agar para nelayan tidak menggunakan bom laut untuk menangkap ikan.

Baca juga: Bupati Bangka Tengah Kucurkan Dana Hibah Rp.9 Milyar

“Jangan menggunakan bom laut, karena bom tersebut tidak hanya mematikan ikan tangkapan, namun juga dapat merusak makhluk hidup di perairan secara luas, menyebar polutan, dan racun, serta membahayakan manusia itu sendiri, jadi saya himbau untuk tidak gunakan bom laut yang dapat merusak ekosistem laut,” imbau Irjen Pol Anang.

Lebih lanjut, rumpon yang digunakan kali ini merupakan inovasi yang bahan utama pembuatannya berasal dari knalpot.

“Rumpon yang kita gunakan ini terbuat dari 2000 knalpot motor hasil sitaan Ditlantas dan Res jajaran, yang mana dibuat langsung oleh Ditpolairut Polda Kep. Bangka Belitung dengan 2 macam bentuk helikopter dan kapal,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian berterima kasih kepada Polda Kepulauan Bangka Belitung atas perhatiannya terhadap ekosistem laut di Bangka Tengah.(red)

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah Kembali Rekrut 625 CPNS dan P3K


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts