DaerahHealthNews

Berikut Cara Cek Ketersediaan Obat Pada Apotek di Provinsi Babel

Kemenkes Sediakan Laman Resmi Agar Masyarakat Dapat Akses Ketersedian Obat di Apotik

Pangkalpinang, Journalarta.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyediakan laman resmi yang memungkinkan masyarakat dapat mengakses ketersediaan obat di apotek sebelum membelinya.

Melalui laman farmaplus.kemkes.go.id, Farma Plus menampilkan jumlah obat yang tersedia di seluruh apotek yang bekerja sama dengan Kemenkes. Website tersebut menginformasikan mulai dari ketersediaan berbagai jenis obat seperti azithromycin, favipiravir, immunoglobulin, ivermectin, oseltamivir, remdesivir, serta tocilizumab.

Namun, meski bisa di beli, Kemenkes mengimbau kepada seluruh anggota masyarakat sebelum membeli obat-obatan terapi COVID-19 harus berkonsultasi dahulu dengan dokter, kecuali vitamin. Semua obat-obatan terapi itu harus di beli dengan menggunakan resep dokter karena obat tersebut mempunyai risiko.

Baca juga: Presiden Jokowi Luncurkan Pembagian Obat Isoman Gratis Untuk Rakyat

Media Journalarta.com mencoba mengakses laman farmaplus.kemkes.go.id, untuk mencoba mengecek ketersedian obat di apotek kimia farma. Pada laman tersebut kita bisa mengecek ketersedian obat di apotik yang ada di daerah kita di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Stock Obat di Apotik Kimia Farma Sungailiat, Kabupaten Bangka (Image: Tangkapan Layar Laman farmaplus.kemkes.go.id )

Saat redaksi media Journalarta.com mencoba mengecek ketersedian obat di apotik kimia farma yang ada di propinsi Kepulauan Bangka Belitung, namun saat di akses pada laman tersebut tidak seluruh kabupaten/kota yang ada di Bangka Belitung yang bisa di tampilkan atau belum tersedia.

Untuk daerah Bangka Belitung hanya ada Kabupaten Bangka saja, sedangkan untuk daerah kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur tidak di temukan.

Pada laman itu juga di tampilkan nama apotek yakni Apotek KF.0539 Sudirman S Liat Jl. Jendral Sudirman, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Kodepos: 33215 Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Untu Obat IVERMECTINIVERMECTIN 12 MG, 20 TAB INAF Stoknya 400 Terakhir diupdate 3 jam yang lalu dan Perlu resep dokter.

Kemudian Obat FAVIPIRAVIRFAVIPIRAVIR 200 MG (DUS 100 TAB), REMDESIVIRREMDESIVIR FOR INJ 100MG/ML 1, OSELTAMIVIROSELTAMIVIR 100 KPS, AZITHROMYCINAZITHROMYCIN 500 MG (DUS 20 TAB) dan IMMUNOGLOBULINHUMAN IMMUNOGLOBULIN FOR IV INJ 5 semua Stocknya Habis. (red)

 

Baca juga: Pemerintah Tentukan HET 11 Obat Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts