News

Bocah Peretas Situs Setkab Mengaku Sudah Membobol 650 Website

Peretas Situs www.setkab.go.id Mengaku Sudah Melakukan Peretasan Terhadap 650 Website

Jakarta, Journalarta.com – Kepolisian berhasil meringkus peretas situs sekretariat Kabinet yang beralamat www.setkab.go.id. Dua peretas situs Setkab RI itu berinisial BS (18) alias Zyy dan MLA (17) alias Lutfifakee.

Tim Siber Bareskrim bersama Polda Sumbar kemudian menangkap pelaku berinisial BS di Nanggalo, Padang, Sumatera Barat, Kamis (5/8). Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa laptop dan ponsel

Selanjutnya, polisi menangkap pelaku berinisial MLA di Sungai Rumbai, Dharmasraya, Sumatera Barat, Jumat (6/8/2021). Polisi turut menyita dua ponsel dan satu laptop sebagai barang bukti.

Kepada polisi mereka mengaku sudah meretas 650 website yang biasa menyasar website perusahaan atau pemerintahan.

“Pelaku yang tergabung dalam komunitas Padang BlackHat ini mengakui sudah melakukan peretasan terhadap 650 website. Rata-rata menyasar situs perusahaan dan situs pemerintah,” ungkap Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Slamet Uliandi di kutip dari cnbcindonesia.com , Minggu (8/8/2021).

Baca juga: BRI Bank Pertama Di Dunia Yang Memiliki Satelit Sendiri

Sementara itu, Slamet sangat menyayangkan perbuatan keduanya yang kurang bijak dalam memanfaatkan kemampuan teknologi mereka. Selain itu, tidak lupa Slamet mengingatkan masyarakat untuk benar-benar menjaga keamanan akun atau situsnya.

“Kembali ke orangnya, mau memanfaatkan pengetahuan TI (teknologi dan informasi) untuk hal baik atau untuk hal jahat. Makanya penting masyarakat menjaga keamanan data,” ujar Slamet.

Sebelumnya, BS dan MLA bekerjasama meretas situs Setkab hingga menampilkan foto Lutfi ‘pembawa bendera’ dan bertuliskan PWNED BY ZYY FEAT LUTFIFAKE.

Atas peretasan tersebut, Setkab kemudian men-takedown atau menonaktifkan sementara situs tersebut. Kini, situs tersebut dapat diakses kembali dan dapat di buka dengan normal.(red)

Baca juga: Peretas Situs Setkab Berhasil Diringkus Polisi, Ternyata Masih Bocah


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts