DAERAH

Bupati Bangka Resmikan Penggunaan Masjid Ayyub Saman Air Anyir

Masjid Ayyub Saman Air Anyir Diresmikan Bupati Bangka

Bangka, Journalarta.com – Bupati Bangka secara resmi laksanakan langsung peresmian masjid Ayyub Saman yang berada di jalan Eko Maulana Ali, simpang empat lintas timur desa Air Anyir Kecamatan Merawang. Masjid tersebut dibangun oleh Iskandar, S.I.P yang tak lain merupakan Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Sabtu (18/12/21).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Bangka, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kemenag Bangka, para Anggota DPRD Kabupaten Bangka, Tokoh Agama dan Masyarakat desa Air Anyir, Camat dan Kades, para pengurus ponpes dan santri/santriwati, anak-anak panti asuhan, penceramah Ustadz Ahmad Rizal, dan masyarakat desa Air Anyir Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan SH, MH, dalam sambutannya mengatakan dengan adanya kehadiran masjid Ayyub Saman ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka, khususnya masyarakat yang ada di sekitar desa air anyir ini untuk dapat melaksanakan ibadah sholat.

“Silahkan kepada seluruh masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung, bahkan tamu-tamu kita yang datang ke daerah kita, kita sangat welcome untuk melaksanakan ibadah. Karena di sepanjang jalan lintas timur ini daerah wisata, sulit bagi masyarakat untuk mencari tempat ibadah, tapi dengan keberadaan masjid Ayyub Saman inilah memberi suatu kemudahan terutama kepada masyarakat kita untuk melaksanakan ibadah agama Islam,” terang Mulkan.

Dijelaskannya, ini adalah bentuk nyata. Yang pertama niat, jadi apapun perbuatan seseorang tergantung niat, kalau seseorang tidak punya niat maka tidak akan terealisasi pembangunan masjid ini.

“Kami pemerintah daerah tetap mensupport, tiap tahun kami bersama-sama dengan DPRD kita tetap mensupport dana-dana hibah untuk tempat ibadah baik yang muslim, maupun non muslim. Kita bertoleransi antar umat beragama. Himbauan kami kepada masyarakat silahkan manfaatkan sebaik-baiknya tempat ibadah ini dan mari kita bersama-sama menjaga dan merawat tempat ibadah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Iskandar S.I.P sebagai pendiri masjid sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Bangka menerangkan bahwa sudah sejak dulu keinginan dirinya untuk melakukan pembangunan masjid ini, yang sebelumnya hanya merupakan musholla sederhana, untuk tempat melaksanakan ibadah sholat dengan ukuran 2×2 meter.

“Karena cita-cita saya membangun masjid ini kurang lebih 12 tahun lamanya. Semenjak saya dilantik selaku anggota DPRD yang pertama. Saya bangun di lokasi ini suatu musholla ukuran 2 x 2. Niat awal saya akan bangun masjid ini lebih besar, lebih indah, lebih bermanfaat dan akan saya kasih nama dengan nama ayah dan kakek saya,” ucap Iskandar.

Dikatakannya, selain sudah berdiri masjid Ayyub Saman di samping lingkungan sekitarnya sudah di siapkan lokasi pemancingan Ikan buat masyarakat dan umat yang akan beribadah di sini secara gratis, silahkan kalau ada masyarakat yang mau memancing ikan.

“Itu ada ikan sekitar satu setengah ton di kolam pemancingan tersebut, saya niatkan saya gratiskan untuk masyarakat yang beribadah di masjid ini. Dan yang kedua 80 pohon kelapa buat dimakan dan diminum oleh masyarakat yang beribadah di masjid ini. Jadi silahkan masyarakat beribadah dan menikmati apa yang ada di sekitar masjid ini,” Pungkasnya.(Red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts

Tinggalkan Komentar