Techno

Sinyal WiFi Dirumah Kamu Lelet? Mungkin 7 Benda Ini Penyebabnya

Di Era Digital Saat Ini, WiFi Sudah Menjadi Sebuah Kebutuhan

 

Journalarta.com – Terkadang kita dibikin kesal dan bete gara-gara koneksi WiFi di rumah jelek. Meski internetan di rumah adalah aktivitas yang menyenangkan, ada saja gangguan yang bikin kita pergi ke warnet atau menggunakan data seluler. Semua hal itu karena sinyal WiFi yang lelet.

Tapi apa kamu tahu, sejumlah barang di rumahmu ternyata bisa menurunkan kekuatan sinyal wifi? Untuk lebih jelasnya simak daftar 7 barang rumahan yang bisa bikin sinyal WiFi lelet berikut ini:

 

1. Dinding Rumah

Beberapa jenis dinding bisa menghambat sinyal WiFi-mu lho. Marmer, semen, beton, plester, dan batu bata adalah material dinding yang paling ampuh menghalangi sinyal. Inilah mengapa rumah yang lebih dari satu lantai biasanya dipasangi router untuk memperluas jaringan WiFi.

 

2. Kulkas dan Mesin Cuci

Peralatan elektronik yang dilengkapi pipa air seperti kulkas dan mesin cuci nggak terlalu ramah terhadap sinyal WiFi. Air dapat menghambat sebagian energi dari gelombang nirkabel, yang memberi dampak buruk terhadap kualitas koneksi internet.

 

3. Baby Monitor

Secara umum, baby monitor atau alat pemantau bayi menghasilkan gelombang 2.4 GHz. Frekuensi tersebut sama dengan gelombang WiFi. Saat dua gelombang ini bertemu, koneksi internet tentu bakal terganggu. Maka dari itu, sebaiknya letakkan alat pemancar gelombang radio seperti baby monitor berjauhan dengan router.

 

4. Drone

Memang bener sih, nggak semua orang sering main drone di sekitar rumah (lagian harganya cukup mahal). Tapi untuk sekadar informasi, drone beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz, meski nggak semu model menghasilkan interferensi yang sama. Tingkat frekuensi drone tergantung pada jumlah daya yang dibutuhkan tiap model untuk berfungsi.

 

5. Cermin

Material cermin yang memungkinkanmu melihat cerminan diri juga bisa memantulkan gelombang yang dipancarkan router. Seperti di film-film cermin bekerja sebagai tameng, bikin koneksi internet memantul ke sana ke mari. Makannya jangan taruh router di dekat cermin kalau nggak mau sinyal WiFi-mu lelet dan nggak stabil.

 

6. Permukaan Besi dan Furnitur

Logam adalah konduktor, yang berarti dapat menyerap listrik. Karena WiFi-mu memancarkan gelombang elektromagnetik, permukaan atau benda logam apa pun di rumah bakal mencegah gelombang menyebar.

 

7. Microwave

Nggak nyangka kan microwave bisa bikin sinyal WiFi jelek? Pada dasarnya, microwave memiliki spektrum frekuensi yang mirip dengan yang digunakan oleh WiFi. Kalau router-mu berdekatan dengan microwave, pindahkan saja ke tempat yang lebih tinggi. Cara itu bakal ngurangin efek negatifnya.

Di mana kira-kira kamu nyimpen router di rumah? Coba cek lagi, siapa tahu ada barang rumahan yang menghambat sinyal dan bikin koneksi ineternet makin lelet.( Red)

 

Source: Ilmupedia


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts