DaerahNews

Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa KKN UNMUH Babel Sosialisasi Kewirausahaan

Nungget Ikan Tenggiri Produk Yang Dihasilkan Mahasiswa UNMUH Babel yang KKN di Desa Batu Beriga

 

Pangkalpinang, Journalarta.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) masih menjadi standar penilaian dalam perkuliahan yang harus dilewati di sebagian universitas di Indonesia. KKN membuat mahasiswa bersosialisasi secara langsung kepada masyarakat dan mengetahui kemajuan dalam bidang pendidikan di suatu daerah.

Termasuk para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung ( UNMUH Babel ) yang melaksanakan KKN di Desa Batu Beriga kecamatan Lubuk Besar kabupaten Bangka Tengah.

Salah satu wujud pengabdian mahasiswa KKN angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung kepada masyarakat desa Batu Beriga tersebut yakni sosialisasi menumbuh kembangkan jiwa kreatif dan mandiri dalam memobilisasi kewirausahaan berbasis ekonomi dan potensi lokal dengan produk yang dihasilkan yakni nungget ikan tenggiri.

Febri, Mahasiswa UNMUH Babel yang KKN di desa Batu Beriga kepada awak media Journalarta.com mengatakan bahwa sosialisasi dimulai pada hari Rabu 9 Febuari 2022.

” Tujuan diadakannya sosialisasi dapat menumbuh kembangkan jiwa kreatif terhadap masyarakat setempat agar bisa memobilisasi kewirausahaan hasil sumber daya alam demi menunjang nilai ekonomis,” ungkapnya, Sabtu (12/2/22).

Febri juga mengatakan bahwa selama KKN di desa Batu Beriga, selain bersama rekannya, diikuti juga oleh dosen pembimbing mereka yakni Sujadi Priansyah, S.Hut., M.Sc.

Sementara itu, Shepia Ariska yang juga seorang Mahasiswi KKN UNMUH Babel yang ikut dalam kegiatan tersebut berharap masyarakat desa setempat bisa membuka peluang kewirausahaan berbasis potensi lokal

” Harapan kedepannya dengan diadakan sosialisasi tersebut menjadikan masyarakat desa setempat bisa membuka peluang kewirausahaan berbasis potensi lokal agar nilai-nilai ekonomi berkelanjutan,” harapnya.

Terpisah, salah seorang warga Desa Batu Beriga, Herman saat dihubungi awak media melalui telpon seluler mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNMUH Babel ini. Menurutnya, warga sangat terbantu dengan adanya sosialisasi kewirausahaan berbasis ekonomi dan potensi lokal dengan produk nungget ikan tenggiri.

“Kalau menurut saya pribadi pelaksanaan program KKN-nya sangat baik, apalagi yang disosialisasi yakni produk nungget ikan tenggiri, sebab di desa kami dekat dari laut dan untuk bahan bakunya pun tidak begitu sulit didapatkan. Semoga bermanfaat dan kepada mahasiswa yang KKNnya semoga sukses,” pungkasnya.(Red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts