NEWS

Informasi Publik Jadi Kunci Percepatan Transformasi Digital

Nusa Tenggara Barat, Journalarta.com – Pemerintah terus mendorong akselerasi transformasi digital diberbagai sektor.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, informasi publik menjadi kunci dalam percepatan transformasi digital nasional. 

“Kami meyakini, bahwa agenda transformasi digital juga harus didukung oleh fasilitas dan teknologi, penyampaian informasi publik yang memadai serta peningkatan literasi digital masyarakat,” ujar Budi saat Rapat Koordinasi Nasional ke-14 Komisi Informasi se-Indonesia di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dikutip dalam siaran pers, Senin (07/08/2023).

Budi mengungkapkan, demokrasi yang berlangsung di Indonesia juga makin dinamis dengan adanya perubahan dalam keterbukaan dan kebebasan informasi. 

“Dari sisi pemerintah, kami memiliki tanggung jawab untuk menyediakan data dan informasi yang relevan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong ketersediaan data dan informasi yang terbuka, mudah diakses, dan dapat dipahami oleh masyarakat. Bahkan kata Budi, kemudahan, kecepatan dan keterbukaaan akses informasi makin meningkat signifikan dari tahun ke tahun. 

“Dari tahun ke tahun, kemudahan, kecepatan, dan keterbukaan akses terhadap informasi makin meningkat. Dalam sekejap dan dengan sekali sentuh, kita dapat menjelajahi internet untuk mendapatkan beragam informasi dari perangkat masing-masing,” bebernya.

Ia menambahkan, saat ini Pemerintah mendorong transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Menurutnya, transformasi digital yang inklusif berkaitan dengan pembangunan akses infrastruktur digital yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. 

“Sedangkan memberdayakan berarti mampu membawa nilai tambah sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat tanpa terkecuali. Dan berkelanjutan berarti dijalankan secara berkesinambungan,” jelas Budi.

Budi juga menegaskan arti penting revolusi industri 4.0 yang telah mengubah cara hidup, bekerja dan berinteraksi dengan cakupan dan kompleksitas yang begitu cepat berkembang. 

“Justru itu, teknologi semakin maju karena tuntutan terhadap transparasi akan semakin penting. Dan dengan adanya kemajuan teknologi ini akan masyarakat semakin terbuka,” tandasnya.

Dalam Rakornas ke-14 Komisi Informasi se-Indonesia, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong.

Selain itu hadir juga Gubernur NTB Zulkieflimasyah, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro, Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha dan seluruh Komisioner KI Pusat, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, serta perwakilan anggota Komisi Informasi Daerah dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

What's your reaction?

Related Posts

Tinggalkan Komentar