DaerahNews

Proyek Pembangunan USB SMAN 2 Sungailiat Diduga Abaikan K3

BANGKA, JOURNALARTA.COM – Proyek belanja modal pembangunan unit sekolah baru (USB) Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Sungailiat, Kabupaten Bangka, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang saat ini dikerjakan oleh CV Ilham Lestari, terkesan sangat mengabaikan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Bahkan terpantau beberapa pekerja yang dengan sengaja melepas baju kaosnya alias telanjang dada. Padahal pekerja wajib memenuhi alat pelindung kerja dan alat pelindung diri seperti topi pelindung, pelindung mata, tameng muka, rompi dan safety lainnya. Hal ini malah sangat berbanding jauh dengan penampilan yang ada di lapangan.

Perlu diketahui, saat membangun suatu proyek bangunan harus diawasi oleh para personel K3 yaitu ahli K3 kontruksi dan petugas K3 kontruksi sebagaimana yang telah diatur dalam RAB proyek tersebut.

Namun saat berada di lokasi pekerjaan, awak media hanya bertemu dengan satu pengawas yakni pengawas logistik atau pengawas barang.

Arlan selaku pengawas logistik kepada awak media mengatakan jika pengawas dari inspektorat kabupaten Bangka sedang menunaikan ibadah sholat.

“Iya, saya cuman sendiri disini sebagai pengawas. Tadi ada pengawas dari inspektorat, tapi ini gak tau kemana. Mungkin lagi sholat,” kata Arlan kepada wartawan, sekitar pukul 14.13 WIB.

Tak hanya terkesan mengabaikan K3, proyek dengan pagu anggaran negara Rp.7,349 miliar (Tujuh miliar tiga ratus empat puluh sembilan juta rupiah) itu juga hanya menyediakan satu unit alat berat, berupa excavator mini.

Padahal, tertera dalam dokumen spesifikasi peralatan kontruksi, bahwa harus menyediakan satu unit excavator kapasitas minimal 120 Hp (maximal 150 Hp), dua unit excavator mini kapasitas minimal 35 Hp (maximal 50 Hp), tiga unit dump truck dan tiga unit concrete mixer.

Akan tetapi, tidak satupun spesifikasi peralatan kontruksi dari kesepakatan itu yang terpenuhi. Bahkan tidak terpantau satupun mobil dump truck yang terparkir di sana.

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan terus mengupayakan konfirmasi dengan dinas terkait di Provinsi Bangka Belitung dan juga pihak kontraktor pelaksana proyek agar temuan tersebut dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.(Tim)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts