NewsTechno

Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Dari Monas ke IKN Gunakan Ranops MV3-Maung Tangguh

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – Prosesi kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi dibawa oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menggunakan Kendaraan Operasional (Ranops) MV3 – Maung Tangguh buatan PT Pindad dari Monumen Nasional (Monas) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (10/8/2024).

1 unit Ranops MV3 – Maung Komando tambahan disiagakan di bagian belakang rangkaian kendaraan untuk antisipasi terjadi hujan di perjalanan.

PT Pindad
Kendaraan Operasional MV3 – Maung Tangguh Buatan PT Pindad Dalam Prosesi Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN. (Foto: Pindad)

Mengutip instagram @kemhanri, titik rangkaian kirab di Jakarta diawali dari Monas, Jalan Thamrin, Jalan Gatot Soebroto, Cawang kemudian ke Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, duplikat bendera dan teks proklamasi kemudian dibawa menggunakan kendaraan Maung menuju IKN.

Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Dianing P. Rahayu dalam keterangan persnya menyampaikan apresiasi dan ungkapan rasa bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada PT Pindad bahwa produk unggulannya yaitu Ranops MV3 Maung digunakan pada prosesi kirab bendera pusaka dan teks proklamasi.

“Mewakili manajemen PT Pindad, kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan,” ujarnya.

Menurut Dianing, suatu kehormatan bagi PT Pindad dilibatkan secara langsung dalam prosesi kirab bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi menggunakan produk unggul MV3 – Maung Pindad dari Monas hingga IKN.

“Ini tentu saja merupakan peristiwa sakral dan bersejarah yang akan diingat dalam perjalanan bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Ranops MV3-Maung Tangguh merupakan kendaraan produksi PT Pindad yang dibekali mesin turbo diesel 2.200 cc. Maung dapat melaju di kecepatan aman 100 kilometer per jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Ranops MV3-Maung Tangguh yang digunakan merupakan varian dengan atap terbuka.(*)

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts