DaerahFeaturedJOURNAL-XNewsUncategorized

Inilah Cara Membuat Akun di Seleksi CPNS 2024

BANGKA BELITUNG, JOURNALARTA.Com – Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi telah mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Bagi anda yang bercita-cita ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), inilah saat yang tepat untuk mempersiapkan diri.

Tahap pertama bagi calon pelamar adalah segera mempersiapkan segala keperluan salah satunya membuat akun CASN.

Sebab, seluruh proses pendaftaran CPNS 2024 dilakukan secara online melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), yaitu di laman sscasn.bkn.go.id.

Langkah-langkah Pembuatan Akun CASN

Sebelum melakukan pembuatan Akun CASN, perlu anda diperhatikan bahwa penggunaan NIK dan Data pribadi orang lain untuk mendaftar akun pada SSCASN merupakan tindak kejahatan dan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pertama buka website sscasn.bkn.go.id, kemudian klik menu ‘Buat Akun’. Kemudian masukan data-data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor KK, Nama lengkap, Tempat dan tanggal lahir, Kab/kota tempat KTP diterbitkan, Nomor Hp, dan Email aktif.

Apabila muncul pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat bukan menghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Setelah itu masukan kode CAPTCHA kemudian Klik ‘Lanjutkan’. Jika data telah sesuai akan muncul tampilan lengkapi data seperti kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, dan tanggal lahir sesuai KTP sudah terisi otomatis.

Kemudian lanjutkan dengan memasukan Email, Nama tanpa gelar sesuai ijazah, tempat lahir sesuai KTP, Kab/Kota sesuai ijazah, dan tanggal lahir sesuai ijazah.

Lanjutkan dengan mengisi jenis kelamin, Unggah foto scan KTP, Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan kemudian klik Simpan. Isi semua data yang dibutuhkan kemudian klik ‘Lanjutkan’ dan akan muncul tampilan ‘Pengecekan Ulang Data’.

Periksa semua kesesuaian data dengan teliti, jika sudah selesai klik ‘Proses Pendaftaran Akun’.

Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali apakah data yang diinput sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai, ‘Pilih Cetak Informasi Pendaftaran’.

Pendaftaran akun selesai dan unduh ‘Kartu Informasi Akun’.

Demikianlah informasi cara pembuatan Akun CASN yang berhasil dirangkum Journalarta.com. Semoga cita-cita anda yang ingin menjadi ASN segera terlaksana.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts