EkonomiFeaturedNewsUncategorized

10 Tahun Terakhir, Kejaksaan RI Selamatkan Keuangan Negara Hingga Ribuan Triliun Rupiah

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan Kejaksaan yang telah bekerja keras tanpa kenal lelah selama ini. Berkat usaha tersebut, selain berhasil menyelamatkan keuangan negara, Kejaksaan juga mendapatkan posisi sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya oleh masyarakat.

ST Burhanuddin mengungkapkan, Kejaksaan Republik Indonesia telah mencatatkan capaian Nilai Kinerja Anggaran (RKA) tahun 2023 sebesar 98,24%. Serapan tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2022 yang membukukan nilai 96,33%.

“Kejaksaan pada 2023 berhasil mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama delapan tahun berturut-turut. Hal ini menunjukkan bahwa Kejaksaan secara konsisten mampu mempertahankan akuntabilitas serta kualitas pengelolaan keuangan dan anggaran,” ujar Jaksa Agung dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dengan tema ‘Kejaksaan yang Profesional dan Berintegritas Dalam Rangka Mendorong Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan‘, Rabu (4/9/2024).

Diketahui, Kinerja Kejaksaan selama 10 tahun terakhir juga diapresiasi Presiden Joko Widodo yang dicantumkan dalam Lampiran Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan sidang bersama DPR DRI dan DPD RI pada 16 Agustus 2024 lalu.

Dalam lampiran pidato presiden tersebut, tercatat capaian Kejaksaan selama periode 2014-2024 berhasil menyelamatkan keuangan negara melalui jalur pidana khusus sebesar Rp 100 triliun, US$ 26 juta, 489 ribu dollar Singapura, 4.000 euro, 52 ribu ringgit Malaysia, 24 ribu won Korea Selatan, 305 pound sterling, dan 56 peso Filipina.

Kejaksaan juga melakukan penyelamatan kerugian keuangan negara melalui jalur perdata sebesar Rp506,70 triliun, US$ 12,30 juta, dan emas seberat 107.441 kilogram.

Pemulihan kerugian keuangan negara melalui jalur perdata sebesar Rp73 triliun dan US$20,76 juta, serta penyelesaian aset barang rampasan dan barang sitaan sebesar Rp7 triliun.

“Oleh karena itu saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan Adhyaksa yang telah bekerja keras tanpa kenal lelah sehingga kinerja yang baik ini Kejaksaan mendapatkan posisi sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya oleh masyarakat,” pungkas Jaksa Agung.(*/Puspenkum)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts