ADVETORIALFeaturedNewsUncategorized

16 Perwakilan Jaksa Indonesia Cari Ilmu ke Negeri China

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) mengirimkan 16 jaksa perwakilan untuk mengikuti China-ASEAN Prosecutors Exchange and Training Base yang diselenggarakan di Akademi Jaksa Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) cabang Guangxi, Nanning, Provinsi Guangxi, RRT, Selasa (10/9/2024).

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Harli Siregar dikutip dalam keterangan tertulis mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama sepuluh hari itu terdiri dari Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri, Bidang Intelijen serta Bidang Pidum serta perwakilan Satuan Kerja Wilayah (Satkerwil) yang berasal dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kejaksaan Tinggi Banten.

“ASEAN Prosecutors Exchange and Training Base merupakan program rutin hasil implementasi kerja sama antara Kejaksaan RI dengan The Supreme People’s Procuratorate of the People’s Republic of China yang tertuang dalam Nota Kesepahaman antara Kejaksaan RRT dengan seluruh Kejaksaan se-Asia Tenggara,” kata Harli.

Harli menambahkan, dalam kegiatan tersebut, perwakilan Kejaksaan RI berkesempatan mengunjungi kantor Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi dan Kejaksaan Negeri di wilayah provinsi Guangxi serta Akademi Hakim Nasional RRT cabang Guangxi.

“Mereka bertukar pikiran, pengalaman sekaligus wadah untuk saling mengenal sistem hukum dan penuntutan serta jejaring kerja sama kedua negara,” ujarnya.

Dengan mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat membuka paradigma baru dan meningkatkan kapasitas para jaksa, serta memahami bagaimana pemanfaatan teknologi terkini yang diterapkan Kejaksaan Tiongkok dalam membantu tugas dan fungsi seorang jaksa.(*/Puspenkum)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts