ADVETORIALDaerahNews

Kunjungi BNNP Babel, Kalapas Pangkalpinang Tekankan Pentingnya Kerja Sama Pemberantasan Narkoba

PANGKALPINANG, JOURNALARTA.Com – Dalam rangka mempererat silaturahmi sekaligus memperkuat sinergitas antar Aparat Penegak Hukum (APH) di wilayah Bangka Belitung, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Maman Herwaman bersama Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), Dedy Cahyadi, serta Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban, Dodik Harmono melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (18/9/2024).

Kedatangan rombongan dari Lapas Narkotika Pangkalpinang disambut langsung oleh Kepala BNNP Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol. Hisar Siallagan yang menyatakan dukungan penuh terhadap program pencegahan dan pemberantasan narkotika, khususnya di dalam lembaga pemasyarakatan.

Kunjungan ini tidak hanya sekadar pertemuan formal tetapi juga menjadi wujud nyata dari pelaksanaan tiga kunci pemasyarakatan maju yang diusung oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yakni deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan narkotika di dalam lapas, dan sinergi antar penegak hukum.

Penguatan Sinergitas untuk P4GN

Kunjungan ini juga memiliki makna penting dalam upaya penguatan pelaksanaan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang telah menjadi isu serius di lingkungan lapas.

Dalam pertemuan tersebut, Maman Herwaman menekankan pentingnya sinergi dengan BNNP sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan pemberantasan narkoba di lapas.

“Kerja sama ini menjadi bagian penting dari tugas kami dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib, sekaligus memastikan bahwa lapas bebas dari peredaran narkoba. Dukungan dari BNNP sangat kami butuhkan dalam menjalankan tugas kami ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNP Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol. Hisar Siallagan menegaskan bahwa BNNP siap mendukung penuh segala bentuk upaya yang berkaitan dengan P4GN, terutama di lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang yang menjadi salah satu prioritas pengawasan.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kalapas Narkotika Pangkalpinang. Sinergitas antar-aparat penegak hukum sangat penting untuk memperkuat upaya pemberantasan narkotika. Kami siap mendukung penuh program P4GN yang telah berjalan,” ujarnya.

Fokus pada Ketertiban dan Keamanan Lapas

Salah satu fokus utama dari kunjungan ini adalah membahas cara-cara meminimalisasi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas.

Hal ini sejalan dengan tujuan utama Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang yang berusaha menciptakan lingkungan yang bebas dari gangguan narkoba serta meningkatkan pengawasan internal.

Maman Herwaman, menegaskan bahwa langkah pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di dalam lapas tidak bisa dilakukan secara sepihak. Sinergitas antar-lembaga penegak hukum, terutama BNNP, sangat diperlukan agar pengawasan lebih maksimal.

“Dengan dukungan BNNP, kami yakin dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman, tertib, dan tentunya bebas dari peredaran gelap narkotika. Hal ini akan berdampak pada pembinaan para warga binaan yang lebih baik,” jelasnya.

Selain penguatan pengawasan, kunjungan ini juga membahas peluang untuk meningkatkan koordinasi antar-lembaga terkait kegiatan rehabilitasi dan edukasi bagi warga binaan yang terjerat kasus narkotika.

Ke depannya, Maman berharap program-program kolaboratif seperti ini akan semakin diperluas untuk menciptakan lapas yang tidak hanya aman, tetapi juga mendukung proses rehabilitasi para narapidana.

Komitmen Bersama untuk Bangka Belitung Bebas Narkoba

Di akhir kunjungannya, Maman Herwaman menyampaikan harapan agar kerja sama dengan BNNP ini dapat terus berlanjut dan berkembang menjadi bentuk sinergi yang lebih kuat, tidak hanya dalam pengawasan di lapas, tetapi juga dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika di masyarakat.

Sedangkan Kepala BNNP Brigjen Pol. Hisar Siallagan juga menyatakan komitmennya untuk selalu mendukung Lapas Narkotika Pangkalpinang dalam menjaga ketertiban dan keamanan, serta berupaya bersama menciptakan Bangka Belitung yang bebas dari peredaran narkotika.

“Kami berkomitmen untuk terus bersinergi demi kebaikan bersama. Keamanan di lapas adalah bagian dari tugas kami, dan sinergi ini akan memperkuat kerja kami di bidang P4GN,” pungkasnya.

Dengan adanya kerja sama yang solid antara Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan BNNP Kepulauan Bangka Belitung, diharapkan lingkungan lapas semakin terbebas dari narkoba dan bisa menjalankan tugas pemasyarakatan dengan lebih baik. (*/KBO Babel)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts