ADVETORIALDaerahNews

Hidupkan Tradisi Islam di Pangkalpinang, Musabaqoh Tilawatil Barzanji Kembali Digelar

PANGKALPINANG, JOURNALARTA.Com – Mengusung tema “Kita Lestarikan Budaya Islam untuk Generasi Muda”, kegiatan Musabaqoh Tilawatil Barzanji ke-IV tingkat Kota Pangkalpinang resmi dibuka di Masjid Al-Hidayah, Kelurahan Gabek Satu, Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (20/9/2024) malam.

Musabaqoh Tilawatil Barzanji menjadi momen berharga untuk melestarikan salah satu tradisi Islam yang hampir punah di kota Pangkalpinang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada panitia penyelenggara dan masyarakat setempat atas terlaksananya kegiatan ini.

“Sangat tepat untuk menghidupkan kembali tradisi ini,” ujarnya.

Budi menekankan pentingnya menjaga tradisi barzanji yang hampir satu dekade jarang diselenggarakan di Pangkalpinang.

“Kegiatan ini sangat luar biasa. Sekitar 10 tahun bukanlah waktu yang singkat, dan alhamdulillah, malam ini kita mulai kembali di Kelurahan Gabek Satu. Di desa-desa masih sering diselenggarakan, namun di kota ini sudah sangat jarang,” ungkapnya.

Budi mengajak seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang untuk mendukung kegiatan ini dan berharap acara serupa bisa diselenggarakan di setiap kecamatan.

“Ini tugas kita bersama. Minimal satu kecamatan satu penyelenggara untuk tingkat Kota Pangkalpinang,” katanya.

“Ayo kita dukung dan ramaikan kegiatan ini selama empat hari ke depan, serta bersama-sama kita makmurkan masjid,” imbuhnya.

Melalui kegiatan Musabaqoh Tilawatil Barzanji diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk kembali menghidupkan tradisi Islami di kota Pangkalpinang, sekaligus membangun semangat generasi muda untuk terus menjaga warisan budaya Islam.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts