ADVETORIALNewsSport

Meriahkan HUT Ke-79 TNI, IKN Jadi Tuan Rumah Acara Nusantara TNI Fun Run 2024

NUSANTARA, JOURNALARTA.Com – Untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan meningkatkan kesadaran publik mengenai lingkungan serta pembangunan berkelanjutan, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi tuan rumah acara olahraga “Nusantara TNI Fun Run 2024,” pada Minggu 6 Oktober 2024. Kegiatan ini diharapkan menarik ribuan peserta dari berbagai daerah, mulai dari komunitas lari lokal hingga nasional.

Dengan persiapan yang telah berjalan lancar, Nusantara TNI Fun Run akan melibatkan berbagai pihak yaitu Otorita IKN, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Bank Mandiri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta kolaborasi dengan berbagai komunitas lari dari berbagai daerah, termasuk dari Kalimantan Timur (Kaltim).

Peserta akan menempuh rute yang melewati Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan langsung kemajuan pembangunan di Nusantara.

Nusantara TNI Fun Run 2024 juga menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap peringatan HUT Ke-79 TNI yang akan dirayakan pada bulan Oktober. Agenda ini menjadi simbol penghormatan atas kontribusi TNI dalam menjaga keamanan dan stabilitas pembangunan di Nusantara.

Otorita IKN berharap Nusantara TNI Fun Run 2024 dapat menjadi bagian dari perayaan berkelanjutan yang melibatkan seluruh elemen bangsa.

“Kami (Otorita IKN) berharap kegiatan ini bisa memberikan pengalaman positif sekaligus membahagiakan kepada masyarakat serta memperkuat koneksi mereka dengan IKN yang merupakan karya putra dan putri bangsa. Nusantara TNI Fun Run 2024 merupakan simbol kebersamaan dan semangat hidup sehat, yang sejalan dengan visi Nusantara sebagai kota yang hijau dan berkelanjutan,” kata Troy Pantouw, Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN.

Acara Nusantara TNI Fun Run mengambil rute sepanjang 5 kilometer yang melintasi beberapa landmark penting di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, termasuk Jalan Grande di depan Istana Negara, Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa.

Para peserta akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan landmark ikonik di Nusantara, memberikan pengalaman berlari yang menyegarkan dan unik. Di akhir, peserta akan dihibur dengan penampilan dari Nella Kharisma & Black Forest Band.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman mengemukakan bahwa dukungan penyelenggaraan Nusantara TNI Fun Run ini merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri dalam pengembangan IKN yang saat ini semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan, baik dari ketersediaan infrastruktur maupun sarana prasarana penunjang lainnya.

“Seiring dengan telah dibukanya akses masyarakat ke kawasan IKN, inisiatif penyelenggaraan Nusantara TNI Fun Run ini sangat strategis karena dapat menjadi ajang untuk mensosialisasikan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan kepada berbagai pemangku kepentingan. Kami berharap, event olah raga yang melibatkan masyarakat untuk pertama kalinya di IKN ini, dapat menjadi pelopor untuk kegiatan olahraga lainnya serta menciptakan peningkatan ekonomi dan promosi untuk para investor di IKN,” ujarnya.

Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini begitu tinggi, dengan dua ribu lima ratus peserta dan mencapai target jumlah peserta yang berasal dari berbagai komunitas lari, masyarakat dan berbagai kelembagaan dan instansi, maka tidak diterima pendaftaran peserta lagi. Oleh karena itu pihak penyelenggara memohon maaf atas keterbatasan ini.

Dalam rangka mendukung kelancaran acara Nusantara TNI Fun Run 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2024, Otorita IKN turut menginformasikan bahwa kunjungan masyarakat umum ke Nusantara serta kunjungan kedinasan untuk tanggal tersebut akan ditutup.

Penutupan mencakup kunjungan pada Kawasan Rest Area Nusantara, Plaza Seremoni, Taman Kusuma Bangsa, dan Kantor Kementerian Koordinator. Hal tersebut juga untuk menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan kegiatan yang melibatkan jumlah masyarakat umum sebagai peserta yang cukup banyak.

Masyarakat yang ingin berkunjung ke Nusantara dapat merencanakan kunjungan di hari lain, sesuai jadwal kunjungan reguler dan kami harap masyarakat tetap dapat merasakan semangat kebersamaan dalam acara ini.

Kunjungan masyarakat umum ke Nusantara melalui IKNOW serta kunjungan kedinasan akan dibuka kembali seperti biasa pada Senin 7 Oktober 2024.

Perlu digarisbawahi, Otorita IKN menekankan pentingnya kepatuhan peserta terhadap tata tertib yang telah ditetapkan. Semua peserta diwajibkan mematuhi peraturan yang berlaku, termasuk larangan membuang sampah sembarangan, larangan merokok, serta kewajiban menjaga kebersihan di seluruh area acara.

Penggunaan kendaraan pribadi menuju lokasi juga dilarang, peserta diwajibkan menggunakan transportasi umum yang telah disediakan.(*)

 

 

 

.

 

 

Sumber : Humas Otorita IKN

Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

What's your reaction?

Related Posts