DAERAHEKONOMINEWSPOLITIK

Komitmen Erzaldi Rosman Djohan Untuk Melindungi Pertanian di Desa Rias

BANGKA SELATAN, JOURNALARTA.Com – Desa Rias Kabupaten Bangka Selatan menjadi salah satu daerah di Provinsi Bangka Belitung yang dianugerahi dengan kesuburan tanah yang begitu luar biasa bahkan tanaman padi tumbuh menggelembung, disamping memang sebagian besar masyarakatnya mahir dalam sektor pertanian.

Alhasil, saat ini Desa Rias merupakan lumbung pangan terbesar di Bangka Belitung. Maka dari itu, perhatian khusus dari semua pihak sangat diperlukan sekali guna memastikan keberlangsungan sektor pertanian di desa tersebut.

Hal ini disampaikan Calon Gubernur Bangka Belitung nomor urut 1, Erzaldi Rosman Djohan dalam pertemuannya dengan para petani Desa Rias, pada Minggu (13/10/2024).

“Di Rias ada sejarah bahwa ketahanan pangan di Bangka Belitung sangat besar ada di sini. Dari sinilah sumber pangan Bangka Belitung. Jadi kalau ada keluhan petani, tentu wajib dilakukan gerak cepat untuk mencari solusi atas kendala yang mereka hadapi,” ungkap Erzaldi.

Dalam menjaga keberlangsungan sektor pertanian di Desa Rias, Erzaldi meminta agar tidak ada lagi izin tambak udang yang dikeluarkan di kawasan tersebut.

Dia menghimbau kepada kader Gerindra yang menjadi wakil rakyat di wilayah tersebut agar turut memantau perizinan yang terkait dengan tambak udang.

Menurut Erzaldi, limbah dari tambak udang bisa membahayakan lahan pertanian dan merusak ekosistem sawah yang menjadi sumber pangan utama di desa tersebut.

“Jangan ada lagi izin tambak udang di sini. Untuk wakil rakyat kita yang baru, Ali Muzakir dan kawan-kawan, tolong lihat dan pantau, ya. Jangan ada lagi izin tambak udang di wilayah ketahanan pangan ini,” tegasnya.

Disamping itu, lanjut Erzaldi, limbah dari tambak udang dapat menjadi hama jika tidak dikelola dengan baik, dan akan mencemari lingkungan sekitar serta mengancam produktivitas sektor pertanian di daerah tersebut.

“Karena apa? Limbah dari tambak udang itu sangat berbahaya. Lama-kelamaan limbahnya akan menjadi hama bagi sawah. Jadi, tidak boleh ada lagi izin tambak yang mencemari perairan di wilayah ini,” jelasnya.

Erzaldi menekankan, bahwa seluruh keluhan dari petani haruslah ditindaklanjuti sesuai dengan arahan Presiden RI Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Dikatakannya, upaya dalam melindungi ketahanan pangan haruslah menjadi prioritas bagi semua pihak yang terlibat.

“Tidak boleh ada lagi keluhan dari para petani, itu instruksi dari Pak Prabowo Subianto,” pungkas Erzaldi.

Momen ini pun menjadi pemicu semangat dari para petani di Desa Rias, lantaran merasa mendapatkan dukungan penuh oleh Erzaldi Rosman, terlebih dalam memperjuangkan keberlangsungan pertanian di wilayah mereka.

Para petani juga berharap, pemerintah dan pihak terkait dapat lebih tegas dalam melindungi lahan pertanian dari ancaman pencemaran limbah tambak udang. Dengan begitu, Desa Rias dapat terus menjadi lumbung pangan yang menopang kebutuhan Bangka Belitung secara berkelanjutan. (Tim)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts

Tinggalkan Komentar