ADVETORIALDAERAHNEWS

Magang di PT Timah, Siswa SMKN 1 Mentok Dapat Pembekalan Untuk Hadapi Tantangan Industri

BANGKA BELITUNG, JOURNALARTA.Com – PT Timah Tbk kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung dunia pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia. Salah satu wujud dukungan tersebut adalah dengan memfasilitasi pelajar dari SMKN 1 Mentok untuk menjalani program magang.

Program magang ini bertujuan membantu generasi muda mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan industri.

Pelajar kelas XII dari jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) SMKN 1 Mentok diberikan pembekalan magang oleh PT Timah Tbk sebelum memulai masa magang mereka. Pembekalan ini disampaikan oleh Sub Division Head Processing & Refinery PT Timah, Kopdi Saragih, pada Selasa (15/10/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Saragih menjelaskan prosedur dan tata kerja yang harus diikuti selama pelaksanaan magang di PT Timah.

Kepala Sekolah SMKN 1 Mentok, Sriyanto mengungkapkan bahwa pembekalan ini bertujuan agar siswa memahami aturan dan etika kerja sebelum memasuki dunia industri khususnya PT Timah.

“Program magang ini merupakan bagian dari pembelajaran di sekolah, dan sebelum para siswa mulai magang pada tanggal 20 mendatang, kami ingin mereka memahami proses serta aturan yang berlaku di PT Timah,” ujarnya.

SMKN 1 Mentok sendiri telah lama menjalin kerja sama dengan PT Timah, terutama dalam hal pelaksanaan program magang. Selain itu, jurusan Teknik Kimia Industri di sekolah tersebut juga diinisiasi oleh PT Timah sebagai bagian dari kolaborasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan.

PT Timah Tbk secara aktif mendukung berbagai kegiatan sekolah, termasuk memfasilitasi acara perpisahan siswa dan melibatkan para pelajar dalam kegiatan lingkungan, seperti penanaman mangrove.

Salah satu siswa, Tasya menyampaikan bahwa pembekalan yang diberikan sangat bermanfaat dalam memberikan gambaran tentang dunia kerja di PT Timah.

“Pembekalan ini sangat membantu kami memahami PT Timah lebih dalam, sehingga saat magang nanti, kami dapat lebih siap,” ujarnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Zacki Anugrah, siswa kelas XII lainnya yang merasa tertarik untuk menjadi bagian dari PT Timah setelah mendengar paparan dari narasumber.

“Setelah mendengar materi pembekalan, saya semakin termotivasi untuk segera magang di PT Timah dan berharap bisa diterima sebagai karyawan di sana,” ungkapnya.

Kolaborasi antara PT Timah dan SMKN 1 Mentok ini menjadi salah satu contoh bagaimana dunia industri dapat berperan dalam mendukung pengembangan pendidikan vokasi yang pada akhirnya membantu mencetak tenaga kerja berkualitas di masa depan. (Sumber : PT Timah, Editor : KBO Babel)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts

Baca Semua Komentar