DaerahHealthNews

Kasus Covid-19 di Kabupaten Belitung Terus Bertambah

Belitung, Journalarta.com
Lagi kasus Covid-19 di Kabupaten Belitung terus bertambah, terbaru tiga orang perempuan dan dua laki-laki kembali terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (22/11/2020).

Tiga perempuan tersebut pasien bernomor ID 1837 berinisial MY (24), 1848 berinisial RL (9), 1849 berinisial SS (49). Sedangkan dua orang laki-laki masing-masing bernomor ID 1748 berinisial SZ (66), dan 1830 berinisial VA (9).

Kelimanya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data uji PCR specimen swab tenggorokan di RSUD dr H Marsidi Judono Tanjungpandan.

Juru bicara Satgas Covid-19 sekaligus Direktur RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr. Hendra membeberkan pasien 1748 beralamat di Lesung Batang. Pasien merupakan salah satu pensiunan PT Timah yang baru pulang dari Bengkulu pada tanggal 19 November 2020 lalu.

Pasien singgah selama dua hari di Sungai Liat dan pulang ke Belitung pada tanggal 21 November 2020 dengan menggunakan kapal Express Bahari.

Tiba di Belitung pasien datang ke klinik swasta di Tanjungpandan untuk melakukan pemeriksaan rapid test dan didapatkan hasil reaktif. Pasien ini dengan gejala pegal-pegal, menggigil disertai dengan penyakit komorbid darah tinggi.

Selanjutnya pasien langsung dirujuk untuk dilakukan pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono, hasilnya pasien dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Pasien 1830 merupakan pelajar di SD IT Bina Insani Tanjungpandan, beralamat di Desa Perawas. Pasien adalah anak dari pasien 1787 laki-laki berinisial NU (44) dan cucu pasien 1761 perempuan berinisial DA (56).

Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono pasien dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Pasien 1837 beralamat di Aik Saga. Pasien adalah karyawan toko dari tracking pasien 1767 laki-laki berinisial AN (37). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono pasien dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Pasien 1848 merupakan pelajar di SD IT Bina Insani Tanjungpandan yang beralamat di Aik Ketekok. Pasien pernah kontak dengan pasien 1835 perempuan berinisial NN (9). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono hari ini pasien dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Pasien 1849 adalah ASN di SD N 12 Mempiuk Badau, beralamat di Desa Perawas. Pasien pernah kontak dengan pasien 1796 perempuan berinisial BD (49). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono hari ini pasien dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

“Kelima pasien direncanakan akan diisolasi di Pusat Karantina SKB di Desa Perawas, Tanjunpandan, Belitung,” kata dr. Hendra melalui press release, Minggu (22/11/2020).

Sampai saat ini pusat isolasi RSUD dr.H Marsidi Judono sedang merawat lima orang pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

Sedankan pusat isolasi SKB Desa Perawas merawat total 27 orang pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan kondisi stabil, gejala ringan dan tanpa gejala.

Sehingga saat ini Satgas Percepatan Covid-19 Kabupaten Belitung sedang merawat dan mengisolasi 32 orang pasien terkonfirmasi Covid-19.

dr. Hendra mengimbau bagi masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, berada dalam satu ruangan lebih dari 15 menit, berdekatan dengan jarak kurang dari 2 meter. Diharapkan untuk segera menghubungi Dinas Kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat.

“Jika sudah ada gejala demam dan sesak nafas bisa datang ke pusat deteksi Covid-19 RSUD dr.H.Marsidi Judono Kabupaten Belitung,” pesan dr. Hendra. (*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts