DaerahNews

TNI-Polri Disiagakan 18.500 Personel untuk Kawal Pilkada 2020 di Sumut

Sumatera Utara, Journalarta.com – Polda Sumatera Utara dan Kodam Bukit Barisan menggelar apel gabungan di Lapangan Benteng Medan untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada 2020 yang akan digelar di 23 kabupaten/kota di Sumut.

Kapolda Sumut , Irjen Pol Martuani Sormin, mengungkapkan sebanyak 18.500 pasukan gabungan dikerahkan untuk mengawal jalannya Pilkada.
“Seluruh personel Polri ada 12 ribu yang disiapkan. Kami di-back up oleh Kodam Bukit Barisan dengan jajaran, Korem/Kodim, itu jumlahnya 6.500 personel,” ujar Martuani kepada wartawan, Selasa (8/12).
Martuani menjelaskan, seluruh personel gabungan ini telah disebar ke tiap-tiap wilayah di Sumut yang menggelar Pilkada secara bertahap sejak Sabtu (5/12) kemarin.
“Sudah digeser di TPS untuk melaksanakan pengamanan yang paling jauh di Nias. Sudah kita berangkatkan, pada hari Sabtu,” kata Martuani.
Apel gabungan bersama TNI dilakukan untuk menunjukkan melakukan pengamanan, demi menciptakan Pilkada Serentak 2020 yang aman dan sehat. Serta, memastikan kondusivitas di seluruh daerah terjaga dengan baik.
“Sekaligus kami mengimbau kepada seluruh masyarakat menggunakan hak pilihnya, menggunakan hak demokrasi dalam memilih Pilwalkot Medan,” ucap Martuani.
Di kesempatan yang sama, Pangdam Bukit Barisan Mayjen Hasanuddin berharap kerja sama pengamanan ini dapat menciptakan kondusivitas di seluruh daerah di Sumut yang menggelar Pilkada.
Ia juga mengimbau seluruh masyarakat dapat memilih dengan tetap disiplin protokol COVID-19.
“Yakinilah kegiatan ini bisa terlaksana dengan tertib dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tutup Hasanuddin.(**)

Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts