DaerahNews

Dinkes Bangka Tengah Tambah Ruang Isolasi di RSUD Bateng

Bangka Tengah, Journalarta.com – Antisipasi terjadinya lonjakan kasus baru setelah lebaran,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) siapkan ruang isolasi tambahan di Rumah Sakit.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bateng, Zaitun mengatakan penambahan ruang isolasi di Rumah Sakit ini di khususkan bagi pasien bergejala yang butuh penangan khusus.

“Kita ketahui Lebaran ini adanya aktivitas berkumpul, nah untuk lansia ini resiko terkonfirmasi besar dan tidak menutup kemungkin mereka ini bergejala. Dan kita sudah rapat dengan Direktur Rumah Sakit untuk ruangan ini bisa stand bay dan dimaksimalkan untuk bisa dimanfatkan apabila terjadi lonjalan kasus setelah lebaran ini,” Kata Zaitun, Rabu (19/5/2021).

Sebelumnya kata Zaitun, Pihak Dinkes telah menyedialan satu gedung isolasi khusus di rumah sakit, namun untuk mengantisipasi lonjakan kasus baru setelah lebaran pihaknya menambah satu gedung isolasi baru.

“Kita punya ruang isolasi yang sebelumnya sudah terpakai tujuh kamar di rumah sakit ini dan ada tiga kamar lagi yang standby. untuk antisipasi maka kita alihkan satu gedung di rumah sakit ini untuk ruang isolasi,”ujar Zaitun.

Sementara itu untuk kasus konfirmasi orang tanpa gejala (OTG), pihaknya tetap menganjurkan untuk melakukan isolasi di rumah karantina ataupun posko penangan Covid-19 yang ada di masing-masing kecamatan.

“Jadi untuk saat ini kita juga mengoptimal posko-posko di masing kecamatan yang dipantau langsung oleh puskesmas terdekat. Di mana rumah karantina atau posko ini tidak merawat, tapi siafatnya memantau setiap hari, namun yang perlu perawatan seperti oksigen dan lain memang kita rujuk ke rumah sakit,”ungkap Zaitun.

Kata Zaitun, meskipun terjadi penambahan kasus baru, sejauh ini ia melihat masih dalam kondisi yang signifikan.

“Memang ada tambahan kasus, tetapi Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada ruang isolasi di rumah sakit yang terpakai dan harapannya ruang tambahan ini tidak digunakan,”pungkasnya. (Red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts