BerandaDaerahPengguna Internet di Indonesia Tembus Ratusan Juta Orang, Bangka Belitung 82,66 Persen

Pengguna Internet di Indonesia Tembus Ratusan Juta Orang, Bangka Belitung 82,66 Persen

Pangkalpinang, Journalarta.com – Saat ini kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dari internet. Internet memungkinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari sekadar mengobrol, belajar, bekerja, hingga mengakses hiburan seperti mendengarkan lagu, menonton film, dan bermain game.

Menurut data BPS dari hasil pendataan Survei Susenas 2021, 62,10 persen populasi Indonesia telah mengakses internet di tahun 2021. Tingginya penggunaan internet ini mencerminkan iklim keterbukaan informasi dan penerimaan masyarakat terhadap perkembangan teknologi dan perubahan menuju masyarakat informasi.

Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia tidak terlepas dari pesatnya perkembangan telepon seluler. Pada tahun 2021 tercatat 90,54 persen rumah tangga di Indonesia telah memiliki/menguasai minimal satu nomor telepon Seluler. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kondisi tahun 2018 yang mencapai 88,46 persen.

Internet di Indonesia terus berkembang hingga saat ini, dan salah satu buktinya adalah meningkatnya jumlah pelaku usaha yang melakukan perdagangan secara online. Menurut data BPS tahun 2022, persentase pelaku usaha yang melakukan kegiatan e-commerce mencapai 34,10%, meningkat 8,85% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 25,25%.

Untuk mendukung perkembangan ini, pemerintah terus membangun infrastruktur digital di seluruh wilayah Indonesia agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati akses internet, tidak hanya di kota besar tetapi juga di daerah pelosok.

Sementara itu, Di tahun 2023 berdasarkan Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 78,19 persen atau menembus 215.626.156 jiwa dari total populasi yang sebesar 275.773.901 jiwa.

Bila dibandingkan dengan survei periode sebelumnya, tingkat penetrasi internet Indonesia pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 1,17 persen. Peningkatan penetrasi ini masih didorong oleh penggunaan internet yang kian jadi kebutuhan masyarakat, khususnya semenjak pandemi Covid-19 pada 2020.

Meskipun pemerintah tidak lagi memberlakukan PPKM, hingga saat ini masih banyak perusahaan yang tetap memberlakukan sistem kerja WFH (Work from Home) sehingga tren bekerja online masih tetap berjalan. Dilihat dari kategori gender di Indonesia, hasil survei menunjukkan kenaikan tingkat penetrasi internet untuk laki-laki pada 2022-2023 sebesar 79,32 persen dari total populasi laki-laki.

Sementara itu, tingkat penetrasi internet untuk perempuan sebesar 77,36 persen dari total populasi perempuan di Indonesia. Tak hanya itu, survei APJII ini juga membandingkan penetrasi internet pada klasifikasi urban (perkotaan) dan klasifikasi (pedesaan dan daerah tertinggal).

Survei itu juga menunjukkan bahwa tingkat penetrasi urban adalah sebesar 77,36 persen dari jumlah populasi di daerah urban dan penetrasi internet pada daerah rural sebesar 79,79 persen dari jumlah populasi penduduk daerah rural.

Bila dirinci berdasarkan kategori provinsi, penetrasi pengguna internet tertinggi atau di atas 80 persen berada di Banten dengan 89,10 persen dan diikuti DKI Jakarta dengan 86,96 persen.

Selanjutnya, ada Jawa Barat dengan 82,73 persen, Kepulauan Bangka Belitung dengan 82,66 persen, Jawa Timur 81,26 persen, Bali 80,88 persen, Jambi 80,48 persen, dan Sumatra Barat 80,31 persen.

Sekadar informasi, survei ini dilakukan selama periode 10 Januari – 27 Januari 2023 yang mencakup 38 provinsi di Indonesia dengan total responden sebanyak 8.510 orang.

Untuk mendukung ketersediaan internet yang mampu menjangkau hingga ke pelosok desa-desa terpencil di Indonesia khususnya di Bangka Belitung, kini telah hadir Jaringan Internet GOODNET by Artamedia Indonesia yang berpusat di kota Pangkalpinang.

GOODNET yang terlahir di Bangka Belitung merupakan Internet cepat, handal dan berkualitas dengan paket harga sangat terjangkau mulai dari Rp.200ribuan per bulan. Selain koneksinya cepat dan anti lemot, GOODNET juga dilengkapi dengan konten seperti layanan televisi internet interaktif (IPTV) dengan tayangan televisi resmi dan lengkap serta berkualitas.

Untuk informasi pemasangan bisa menghubungi : 0823-6119-9314 ( Imelda ) atau (0717) 9106596 atau bisa datang langsung ke kantornya di Jalan Dewi Sartika kel gajahmada No.91, Keramat, Kec. Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Most Popular