Pesona Pantai Klayar Yang Menyimpan Keajaiban dan Misteri

Jawa Timur, Journalarta.com – Pesisir selatan Jawa Timur menyimpan banyak pesona. Salah satunya Pantai Klayar yang terletak di wilayah Kabupaten Pacitan atau dikenal sebagai “Kota Seribusatu Goa”. Destinasi wisata pantai ini mulai banyak dilirik para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai Klayar tidak sekadar menawarkan pasir putih membentang luas dan ombak yang jernih maupun spot sunset, namun keunikan dari pantai ini karena dikelilingi oleh dua bukit karang.

Para pengunjung dapat naik ke salah satu bukit karang untuk menikmati pemandangan yang indah dari gardu pandang. Di sini, pengunjung dapat memperhatikan hamparan pasir putih yang terbentang, ombak kristal memecah di bibir pantai, serta keunikan karang-karang raksasa yang menyerupai Sphinx di Mesir.

Batu Karang Pantai Klayar.(Foto: tripadvisor)

Selain itu, Pesona Pantai Klayar tidak hanya terletak pada pasir putihnya yang memukau, melainkan juga pada elemen-elemen alam lain yang menyimpan keajaiban dan misteri. Seperti Seruling Samudera, air mancur alami, dan air terjun.

Objek wisata yang dinamakan Seruling Samudera merupakan lubang batu karang yang ada dibalik tebing dan mengeluarkan suara ketika air laut serta angin menembus lubang. Saat mengeluarkan bunyi, Seruling Samudera juga akan memancarkan air dengan ketinggian 10 hingga 15 meter saat air laut pasang, sehingga memunculkan air mancur di pantai ini.

Rute dan Fasilitas

Bagaimana caranya mencapai ke sana? Pantai Klayar berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur atau sekitar 40 km di barat Kota Pacitan. Bagi para pengunjung yang ingin menuju ke sana melalui jalan darat, terdapat dua alternatif jalur yang dapat ditempuh.

  1. Dari Surabaya

Untuk sampai ke Pantai Klayar dari Surabaya dan sekitarnya, Anda bisa lebih cepat sampai jika melewati Mojokerto kemudian dilanjutkan dengan rute Jombang-Kertosono-Nganjuk-Caruban-Madiun-Ponorogo-Pacitan.

Jarak antara Surabaya dan Pacitan adalah 350 kilometer. Jika memakai arahan petunjuk rute ini pengunjung dapat menempuh jarak perjalanan nonstop selama kurang lebih 7 jam. Waktu tempuh ini sudah termasuk ke toilet, makan di perjalanan, serta isi bensin di SPBU.

Pesona Pantai Klayar.(Foto: tripadvisor)

2. Dari Kota Yogyakarta

Jika kita memulai perjalanan dari Yogyakarta untuk menuju Pantai Klayar, pengunjung bisa mengambil start rute dari Jl Malioboro, setelah bertemu dengan perempatan kantor pos ambil jalur kiri dan ikuti jalan sampai di jalan Wonosari, Yogyakarta. Kemudian ikuti jalan hingga sampai di Piyungan-Pathuk-Wonosari-Pracimantoro-Giribelah-Punung dan sampailah kita di Pantai tersebut.

Waktu tempuh dari Kota Yogyakarta ke Pantai Klayar ini memerlukan waktu sebanyak kurang lebih 3,5 jam saja. Bahkan bisa kurang, jika kita memulai perjalanan dari Wonosari, Yogyakarta kita hanya membutuhkan waktu sebanyak 2,5 jam untuk sampai di Pantai Klayar.

Adapun, tiket masuk ke Pantai Klayar amat terjangkau masyarakat. Hanya kisaran puluhan ribu rupiah. Pantai ini dikelola Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan. Di sekitar pantai tersebut juga menyediakan beberapa penginapan sekelas homestay.

Selain menikmati keindahan pantai, terdapat juga banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan di Pantai Klayar. Pengunjung dapat menjelajahi tebing karang yang indah untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan.

Bermain ATV di Pantai Klayar.(Foto: tripadvisor)

Selain itu, tersedia juga penyewaan ATV (All-Terrain Vehicle). Pengunjung dapat menjelajahi pantai dengan menyewa ATV tersebut. Lokasi ini juga bisa digunakan untuk berkemah sambil membakar ikan.

Pantai Klayar memiliki garis lokasi yang sama seperti Pantai Indrayanti yang terdapat di Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yakni, sebagai bagian dari pantai yang berada di sebelah selatan Pulau Jawa.

Sama seperti garis pantai lain di sebelah selatan Jawa, Pantai Klayar juga memiliki ombak yang tidak beraturan, sangat kuat dengan gulungan yang besar-besar. Untuk itu, ketika anda dan keluarga sedang berkunjung ke pantai ini, tetaplah untuk mengikuti petunjuk-petunjuk atau rambu yang dipasang di setiap spot rawan di sekitar pantai.

Selain Pantai Klayar, Pacitan juga memiliki beberapa objek wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi. Objek wisata tersebut antara lain Pantai Watu Karang, Pantai Kasap, Pantai Banyu Tibo, Pantai Buyutan, Pantai Srau, dan Gua Gong.

Berbagai keberagaman pantai yang indah, membuat Pacitan memang menjadi surga bagi para pecinta alam dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang luar biasa.(*)

 

Sumber: Indonesia.go.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Covid-19 Satistik

Indonesia
6,825,402
Total Kasus Terkonfirmasi
Updated on 24 January, 2024 18:18

Berita Terhangat