spot_img
BerandaDaerahHebat !!! Kapolda Babel Tanam Mangrove, Penambang Timah Ilegal Hajar Lokasinya

Hebat !!! Kapolda Babel Tanam Mangrove, Penambang Timah Ilegal Hajar Lokasinya

JOURNALARTA.COM, BANGKA – Upaya positif Polda Kepulauan Bangka Belitung menanam 1.300 pohon mangrove di lahan pasca tambang timah Kawasan Lintas Timur Dusun Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka pada 21 Februari 2024, kini dihadapkan pada ancaman aktivitas penambangan timah ilegal.

Lokasi dekat penanaman mangrove tersebut kini menjadi sasaran aktivitas tambang ilegal yang berpotensi merusak tanaman mangrove yang baru ditanam, Selasa (27/2/2024).

Polda Babel

Pada saat penanaman mangrove, kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolda, seluruh Pejabat Utama Polda, Personel Polres Bangka serta unsur forkompinda Kepulauan Bangka Belitung.

Namun dalam beberapa hari terakhir, para penambang timah ilegal mulai beroperasi dekat lokasi penanaman mangrove. Mereka menggunakan sekitar 50 unit mesin tambang untuk mencari pasir timah yang berdampak merusak lahan dengan tanah yang berlobang besar serta pohon-pohon tumbang.

Informasi yang berhasil dihimpun dari masyarakat menyebutkan bahwa lokasi pertama penambangan timah ilegal berada di pantai dusun Tanjung Ratu masuk dalam kawasan wisata yang dikelola oleh Kelompok HKM Takari.

Namun, aktivitas penambangan kemudian merambah ke daratan dan sangat dekat dengan lokasi penanaman mangrove yang dilakukan oleh Polda Bangka Belitung.

Kapolres Bangka, AKBP Toni Sarjaka menyatakan bahwa pihak Polres Bangka akan melakukan pengecekan terhadap aktivitas penambangan ilegal tersebut.

“Terima kasih informasinya, kita cek,” ujarnya melalui pesan WhatsApp.

Namun hingga hari ini, 27 Februari 2024 kegiatan penambangan ilegal masih berlangsung seolah-olah aktivitas tersebut legal, padahal sebenarnya ilegal.

Masyarakat menanti ketegasan pihak kepolisian setempat dan instansi terkait untuk menindak para penambang timah ilegal di lokasi tersebut.

Ancaman terhadap lingkungan akibat aktivitas tambang ilegal ini menunjukkan pentingnya penegakan hukum yang tegas dan konsisten untuk melindungi lingkungan hidup dan menjaga keberlanjutan ekosistem mangrove yang berharga.(Penulis : Edi Muslim, Editor : Revan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Most Popular