Daerah

Banjir Bandang dan Longsor Tutup Ruas Jalan Raya Bandung-Cianjur

Banjir bandang terjadi sekitar pukul 18.30 Wib sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 12.00 Wib

Cianjur, Journalarta.com – Banjir bandang menerjang Desa Sukabakti Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021). Dua rumah warga rusak, sedangkan jalan utama Cianjur-Kabupaten Bandung terendam.

Informasi yang dihimpun banjir bandang terjadi sekitar pukul 18.30 Wib. Sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 12.00 Wib.

Camat Naringgul Ijuh Sugandi saat dihubungi mengatakan hujan lebat tersebut menyebabkan waduk buatan di atas perkampungan jebol, sehingga airnya meluber dan menimbulkan banjir bandang.

“Waduk buatan di atas Kampung Patrol, tidak kuat menahan air, ditambah saluran air warga banyak yang tersumbat, sehingga air langsung membanjiri perkampungan,” ujar dia melalui telepon seluler.

Menurutnya arus banjir yang deras membuat dua bangunan, yakni satu rumah warga dan warung rusak nyaris ambruk.

“Selain itu puluhan lainnya tergenang air bercampur lumpur setinggi 50 centimeter,” kata dia.

Baca juga :BPPTKG : Gunung Merapi Keluarkan 15 Kali Guguran Lava Pijar

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun puluhan keluarga berusaha mengungsi.

“Saya sudah telah meminta aparat desa dan relawan untuk menyediakan tempat pengungsian bagi puluhan kepala keluarga yang terdampak untuk menghindari terjadinya banjir dan longsor susulan,” katanya.

Sementara itu Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan mengatakan banjir bandang juga membuat jalur utama Cianju-Kabupaten Bandung via Ciwidey tidak dapat dilalui.

Menurut Irfan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PUPR untuk menurunkan alat berat untuk menyingkirkan material lumpur.

“Untuk jalan utama, sejak sore hingga malam ini, belum bisa dilalui selain tertutup air bah, sekitar 50 meter landasan jalan tertutup material lumpur dan bebatuan,” ucapnya.

Menurut Irfan, pihaknya juga telah mengirim anggota dan relawan tangguh bencana dari dua kecamatan terdekat ke lokasi banjir.

Retana dari dua kecamatan terdekat sudah sampai di lokasi, untuk melakukan evakuasi warga ke tempat aman. Saat ini relawan masih melakukan pendataan,” katanya.(Detikcom)

Baca juga :Gibbs Biski Motor Amfibi Yang Siap Terabas Banjir


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts