Daerah

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Belitung Dilaporkan ke Polisi

“Jadi yang dirugikan dalam masalah ini secara internal anggota dan partai,”

Belitung, Journalarta.com – Wakil Ketua I Sugianto didampingi Sekretaris DPC Partai Hanura Kabupaten Belitung Agus Pahlevi melaporkan Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Belitung Freddy ke Mapolres Belitung pada hari ini, Rabu (10/2/2021).

Pelaporan tersebut tentang dugaan pemalsuan laporan penggunaan dana bantuan politik (Banpol) Partai Hanura periode tahun 2019 dan 2020.

Sugianto mengatakan selain dugaan pemalsuan beberapa dokumen, sang ketua DPC juga tidak ada keterbukaan terkait permasalahan internal partai.

“Jadi yang dirugikan dalam masalah ini secara internal anggota dan partai, kemudian eksternal yaitu pemerintah yang memberikan dana Banpol,” kata pria yang akrab disapa Totok ini kepada wartawan, Rabu (10/2/2021) malam.

Sugianto menuturkan sebelumnya sebanyak 18 anggota partai juga telah sepakat melayang surat mosi tidak percaya kepada DPD tembusan Ketua Umum, Sekjen DPP dan Korwil Babel serta Sumbagsel pada minggu lalu.

Namun dikarenakan belum ada kejelasan dan masalah tersebut penting demi partai jelang persiapan Pemilu maka dirinya memutuskan menempuh jalur hukum.

“Khawatirnya jika hanya gara-gara ini bisa mengganggu kinerja partai akan menjadi masalah besar. Besok juga akan ada lagi anggota yang melapor lagi ke Polres,” ujar Sugianto.

Baca juga : Partai Emas Provinsi Babel Ucapkan Selamat Hari Raya Imlek 2572

Sugianto membeberkan awal mula pelaporan ini karena kecurigaan dugaan pemalsuan dari pelaporan penggunaan anggaran ditambah adanya beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan justru muncul dalam laporan.

Ia juga mengaku sempat berkoordinasi dengan Ketua DPC terkait permasalahan ini, namun sampai saat ini tidak pernah menemukan solusi terbaik.

Dikarenakan demi keadilan partai, dirinya menilai jika demi kebenaran dan keterbukaan maka upaya tersebut (jalur hukum) dilakukan.

“Kawan-kawan yang merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, akhirnya sepakat membuat mosi tidak percaya,” ungkap Sugianto.

Sementara itu terpisah, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Belitung Freddy mengatakan belum mengetahui tentang pelaporan terhadap dirinya tersebut dan enggan berkomentar banyak.

“Saya sendiri belum tahu terkait laporan itu, karena belum mendapat panggilan dari pihak Kepolisian. Nanti setelah ada panggilan akan kami klarifikasi dan informasikan lebih lanjut terkait perkembangannya,” kata Freddy.(red)

Baca juga : Ketua DPD Partai Nusantara DKI Jakarta : Berbenah Diri Menuju Partai Modern dan Profesional


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts