Techno

Samsung Akan Jadi Pemasok Eksklusif Layar LTPO OLED iPhone 13

Panel LTPO sendiri diklaim lebih hemat daya daripada panel LTPS

Journalarta.comSamsung akan menjadi pemasok eksklusif layar LTPO OLED untuk generasi iPhone 13 mendatang, seperti dilaporkan The Elec. Panel tersebut digunakan pada dua model Pro dan akan berjalan pada 120 Hz.

Panel LTPO sendiri diklaim lebih hemat daya daripada panel LTPS. Keuntungan utamanya adalah mereka dapat memiliki kecepatan refresh adaptif tanpa perangkat keras tambahan.

Sementara, duo iPhone 13 vanilla akan terus menggunakan panel LTPS yang lebih lama, yang mungkin berarti mereka akan tetap menggunakan 60Hz untuk satu tahun lagi.

Baca juga : Ikuti iPhone 12, Layar Samsung Galaxy S21 Akan Datar

Itu akan berubah pada tahun 2022, karena Apple dilaporkan berencana hanya menggunakan LTPO OLED untuk keempat model iPhone 14, seperti dikutip dari GSMarena, Kamis (7/1/2021). Pada saat itu, LG harus dapat menggunakan LG Display sebagai sumber panel kedua untuk mengurangi ketergantungannya pada Samsung Display.

Tetapi hanya Samsung yang memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi kuota Apple tahun ini. Ia berencana untuk memproduksi 60.000 lembar per bulan di jalur A3 di Asan.

Sebagai perbandingan, lini LG E6 di Paju hanya dapat mengeluarkan 5.000 lembar per bulan, meskipun berencana untuk memperluasnya menjadi 25.000 sebelum akhir tahun ini.

Panel LTPO membutuhkan waktu lebih lama untuk diproduksi karena teknologinya memerlukan penambahan lapisan oksida (O dalam namanya). Ini membuat mereka lebih sulit untuk diproduksi dan lebih mahal juga.

Penghematan daya 5-15% terbilang sepadan. Meskipun tidak pernah dikonfirmasi secara resmi, Apple diperkirakan ingin menyertakan 5G dan 120 Hz di generasi iPhone 12 tetapi memiliki anggaran daya hanya untuk satu dan itu berjalan dengan konektivitas generasi berikutnya.

Sedangkan LTPO akan memungkinkan layar bekerja pada 120 Hz tanpa mematikan baterai. LTPO dikembangkan oleh Apple dan pertama kali digunakan pada Watch Series 4 (yang dapat menekan layar hingga 1 Hz untuk menghemat baterai).(seluler.id)

Baca juga : Dibekali Chipset Apple M1,MacBook Pro 13 Inci 2020 Dirilis


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts