Techno

Kembangkan Mobil Tanpa Pengemudi, Microsoft Gelontorkan Rp 28 T

Cruise dan GM juga akan menggunakan platform komputasi awan Azure dari Microsoft

Jakarta, Journalarta.com  – Perusahaan teknologi raksasa microsoft menggelontorkan US$ 2 miliar atau setara Rp 28 triliun (kurs Rp 14.037) untuk investasi ke produsen mobil tanpa pengemudi, Cruise.

Dikutip dari CNN, dan disadur dari Detikcom, Rabu (20/1/21) kabar itu diumumkan oleh Cruise dan Microsoft Selasa kemarin. Kesepakatan itu menempatkan nilai perusahaan milik General Motors menjadi US$ 30 miliar.

Namun, kedua perusahaan tidak membocorkan seberapa besar porsi dari investasi yang dibuat Microsoft atau seberapa besar saham di Cruise yang akan diterima Microsoft. Juru bicara Cruise menegaskan GM akan mempertahankan saham mayoritas.

Dalam kesepakatan itu, Cruise dan GM juga akan menggunakan platform komputasi awan Azure dari Microsoft untuk membantu mengembangkan kendaraan dan layanan.

Baca juga :Di 2021 Asus Kembali Hadirkan Laptop Gaming Gahar

Cruise sendiri didirikan pada 2013 dan diakuisisi oleh GM pada 2016. Presiden Cruise saat ini, Dan Ammann. Dia pernah menjadi presiden GM dan bergabung dengan Cruise pada 2018.

Selain Microsoft yang mengembangkan mobil tanpa pengemudi, Apple juga telah kembali membangun mobil listrik dengan self driving-nya, bahkan Google juga telah mengembangkan proyek yang sama bernama Waymo.

Sebelum Microsoft, produsen mobil Honda terlebih dahulu berinvestasi di Cruise pada 2018. Saat itu perusahaan mengumumkan akan menggelontorkan US$ 2 miliar dalam setahun.

Honda bekerja dengan GM untuk mengembangkan mobil self-driving yang disebut Origin. Mobil itu rencananya dibuat untuk taksi dan layanan pengiriman. (CNN/detikcom)

Baca juga :Apple Dikabarkan Mulai Garap iPhone Layar Lipat


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts