BerandaSelebTransformasi Bisnis Vietnam dan Strategi untuk Meraih Kesuksesan, Ini Kata Vietnam National...

Transformasi Bisnis Vietnam dan Strategi untuk Meraih Kesuksesan, Ini Kata Vietnam National University

Jakarta, Journalarta.com – Peran penting Generasi X, Y, dan Z, mendorong transformasi ekonomi dan perkembangan bisnis di seluruh dunia. Dalam kaitannya dengan kewirausahaan, XYZ Entrepreneur memiliki karakteristik, nilai, dan pandangan yang berbeda-beda, salah satunya negara Vietnam yang mengalami perkembangan pesat dalam industri startup beberapa tahun terakhir. Negara ini telah menjadi salah satu tempat yang menarik bagi para pengusaha muda dan inovator untuk memulai bisnis baru mereka.

Menyadari peran penting XYZ Entrepreneurs ini, The 11th Annual Jakarta Marketing Week 2023 menghadirkan panel sesi XYZ Entrepreneurs: Vietnam’s Perpective yang dikupas pada 16 Juni 2023 di Grand Atrium Kota Kasablanka dengan kehadiran Assoc. Prof. Nguyen Viet Khoi (Presiden ISECI University of Economics & Business Vietnam National University), Le Thanh Huong (Lecturer Marketing Department School of Business Administration Vietnam National University), dan Dao Cam Thuy, PhD. (Lecturer Marketing Department School of Business Administration Vietnam National University) yang memberikan penjelasannya tentang tantangan dan peluang dalam berwirausaha di Vietnam, serta strategi yang diperlukan untuk meraih kesuksesan.

Le Thanh Huong, MSc., RSR. (Dosen Departemen Pemasaran School of Business Administration Vietnam National University) mengungkapkan tentang kesalahan umum yang sering menghantarkan startup ke kegagalan.

Lima kesalahan umum yang sering dilakukan oleh startup di Vietnam dan berpotensi mengarahkan mereka ke kegagalan. Pertama, kesalahan dalam menghasilkan ide yang baik. Banyak startup mengalami kegagalan karena memiliki ide yang tidak relevan atau tidak memiliki potensi pasar yang cukup besar.

Selain itu, kurangnya perencanaan, salah strategi pemasaran, not customer-centric, dan persaingan yang ketat. Namun, kesalahan ini dapat diatasi dengan berbagai solusi untuk mencapai kesuksesan.

Assoc. Prof. Nguyen Viet Khoi, PhD. (Presiden ISECI University of Economics & Business Vietnam National University) menjelaskan kewirausahaan generasi berikutnya harus memiliki keunggulan operasional untuk mencapai kesuksesan. Ia menyoroti hubungan yang erat antara generasi muda, seperti generasi X, Y, dan Z, memiliki keunggulan yang unik, termasuk akses yang lebih besar terhadap teknologi, informasi, serta pemahaman yang mendalam tentang tren pasar dan preferensi konsumen.

“Operational excellence adalah fondasi yang dalam menjalankan bisnis dengan efisiensi dan efektivitas. Startup yang memiliki keunggulan operasional mampu mengelola sumber daya mereka secara optimal, mengoptimalkan proses bisnis, dan merespons perubahan pasar dengan cepat. Operasional menjadi kunci untuk menghadapi tantangan yang kompleks,” ujar Assoc. Prof. Nguyen Viet Khoi.

Menyetujui Assoc. Prof. Nguyen Viet Khoi, Le Thanh Huong menambahkan, “Melakukan riset pasar yang komprehensif untuk menghasilkan ide bisnis yang relevan, juga perencanaan yang matang, pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan, penerapan strategi pemasaran yang efektif, serta kemampuan beradaptasi dengan persaingan yang ketat, menjadi kunci keberhasilan bagi startup vietnam”.

Sementara itu, Dao Cam Thuy, PhD. (Dosen Departemen Pemasaran School of Business Administration Vietnam National University) menyampaikan model bisnis startup yang meliputi tahap-tahap seperti market search, business strategy, marketing plan, dan marketing strategy untuk melakukan evaluasi kapasitas pada startup di Vietnam.

“Membangun startup seperti membangun rumah kecil, dengan tahapan dan tingkatan yang diikuti oleh nilai emosional dan visi startup. Dalam menjalani proses tersebut, penting bagi para pengusaha muda untuk melakukan evaluasi kapasitas secara komprehensif dan memperhatikan elemen-elemen penting seperti pengetahuan, mitra, pengalaman, keuangan, waktu, dan hubungan,” pungkas Dao Cam Thuy. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Most Popular