Travel

10 Tempat Wisata Yang Harus di Kunjungi Saat Berada di Bangka Belitung

Bangka Belitung, Journalarta.com – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung ini letaknya di bagian timur Pulau Sumatera. Ratusan pulau di Kepulauan Bangka Belitung memang belum semua memiliki nama. Hanya ada 50 pulau yang berpenghuni dari 470 pulau yang sudah diberi nama.

Seperti wilayah Indonesia pada umumnya, Bangka Belitung memiliki iklim tropis dengan suhu terendah rata-rata 24,9 derajat C dan suhu tertinggi rata-rata 29,9 derajat C. Pastikan anda membawa pakaian yang cocok untuk suhu di Bangka Belitung ya. Tak perlu berlama-lama lagi, ini dia 10 destinasi wisata alam yang menawan di Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil kami rangkum ;

1. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk terletak di Bangka bagian utara, tepatnya di daerah Belinyu. Belinyu berjarak sekitar 90 km dari kota Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini memiliki panorama yang super indah lho?

Saat anda memasuki kawasan Pantai Penyusuk, dari kejauhan anda sudah dapat menikmati hamparan birunya laut, diantara pohon kelapa dan ilalang yang tumbuh liar di lapangan landai yang memisahkan antara badan jalan dengan Pantai Penyusuk. Setelah melewati jalan yang menurun, anda akan semakin terpesona melihat tumpukan batu granit di kanan kirinya sehingga membentuk sebuah ceruk, berpadu dengan hijaunya pepohonan di pesisir pantai dengan pasir putih dan jernihnya laut. Gimana, indah banget bukan ?

2. Pantai Tanjung Kelayang

Puluhan batu granit raksasa tertata cantik membentuk seperti kepala burung garuda. Tak heran jika dijadikan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi karena keindahannya yang luar biasa. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan untuk mencapai lokasi Batu Garuda.

Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan lokasi Batu Garuda ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pada tanggal 15 Maret 2016 dengan kegiatan utama di bidang pariwisata. Nama Pantai Tanjung Kelayang disematkan pada pantai ini karena terdapat banyak burung kelayang di sekitar pantai. Anda juga bisa menikmati sensasi mengelilingi pulau sekitar dengan menyewa perahu nelayan.

Kalau kamu ingin bermalam di kawasan Pantai Tanjung Kelayang tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa penginapan. Tak hanya itu, Anda bisa menghadiri Festival Tanjung Kelayang yang meliputi festival kuliner khas hasil laut, festival layang-layang, Bangka Belitung Fashion Carnival, dan banyak acara menarik lainnya. Kosongkan jadwalmu untuk acara seru ini ya..

3. Pantai Pulau Lengkuas

Terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Perjalanan menuju Pulau Lengkuas bisa ditempuh dengan cara menyewa perahu nelayan. Lama perjalanan sekitar 20 menit dari Tanjung Kelayang dan selama sekitar 30-45 menit dari Tanjung Bunga atau Tanjung Tinggi.

Mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 berdiri kokoh di Pulau Lengkuas. Hal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan. Meski usianya lebih dari 150 tahun, Mercusuar Pulau Lengkuas masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang berada di sekitar Pulau Belitung.

Pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Lengkuas tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Tentunya tetap jaga laut Indonesia dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke laut ya ..

4. Pantai Romodong

Di kota Belinyu terdapat dua pantai yang sama-sama cantik, selain Pantai Penyusuk masih ada Pantai Romodong yang harus anda kunjungi saat berada di Belinyu, Bangka.Di Pantai Romodong terdapat dua batu granit setinggi 10 meter yang mengapit jalan masuk menuju Pantai Romodong, bak gapura yang menyambut para pengunjungnya. 

Di Pantai Romodong juga ada sebuah batu raksasa yang disebut Batu Kodok lantaran bentuknya mirip kodok dan ada pohon kelapa bercabang dua. Pantai Romodong berpasir putih dan memiliki air yang jernih serta tidak bergelombang. Tak ayal pantai yang satu ini menjadi tempat bermain yang mengasyikan dan aman tentunya bagi pengunjung dan anak-anak.

5. Pantai Parai Tenggiri

Gugusan batu karang berukuran besar ditambah putihnya pasir membuat sobat tiket tak ingin segera beranjak dari pesona pantai Bangka Belitung yang satu ini. Sebuah surga tersembunyi yang terletak di Desa Sinar Biru, Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka Belitung. Kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil menjadikan Pantai Parai Tenggiri destinasi andalan di Bangka Belitung.

Pengelola juga telah menyiapkan penyewaan perahu pancing, banana boat, alat selam, serta sudah tersedia beberapa penginapan dan hotel berbintang empat. Selain itu, kawasan pantai ini ditetapkan sebagai wisata hijau karena sangat pedulinya pengelola terhadap pencemaran yang sering terjadi di pantai. Tidak perlu heran jika banyak pohon tertata asri di kawasan pantai ini.

Primadona pantai di Bangka Belitung ini termasuk dalam daftar pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. Tentunya terbayar lunas dengan keindahan alam yang menawan. Sudah siap menikmati keindahan terumbu karang di dalam laut yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan? Pastikan Pantai Parai Tenggiri ada di daftar destinasi liburanmu.

6. Danau Kaolin

Tidak hanya pantai yang menawan di Bangka Belitung juga terdapat sebuah danau yang indah. Danau Kaolin terkenal dengan air danau berwarna biru terang ini kontras dengan pemandangan sekitar yang putih bersih. Eksploitasi besar-besaran yang terjadi di Desa Air Raya Tanjungpandan Belitung ini membentuk Danau Kaolin yang kini menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi wisatawan.

Kaolin, sejenis mineral tanah liat yang menjadi salah satu bahan untuk pembuatan kain, kertas, pasta gigi, hingga kosmetik. Nama danau ini memang berasal dari kaolin karena Danau Kaolin adalah saksi bisu bukti kekayaan Bangka Belitung akan kekayaan mineral kaolin. Pastikan kamu mengabadikan setiap momen saat berkunjung ke Danau Kaolin.

7. Danau Open Pit

Danau dengan kedalaman 30-50 meter ini salah satu bukti kekayaan alam Belitung. Danau Open Pit juga merupakan salah satu bekas penggalian tambang di Belitung yang kemudian menjadi pemandangan cantik nan menawan. 

Warna air di Danau Open Pit yang menyegarkan sangat menarik untuk digunakan berenang. Sayangnya, air di danau ini mengandung senyawa kimia yang belum diteliti apakah cocok dengan tubuh manusia. Selain itu, tanah yang berada di sekeliling danau sangat lembut sehingga baiknya anda cukup melihat Danau Open Pit dari jarak jauh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Danau dengan air berwarna biru kehijauan dikelilingi batuan cadas yang dihiasi hijaunya pepohonan dan rerumputan menampilkan pemandangan begitu alami dan menenangkan. Segala penat dan lelah terbayar lunas saat mengunjungi Danau Open Pit.

8. Pantai Pasir Padi

Pantai dengan garis pantai sepanjang 100 hingga 300 meter ini patut dikunjungi. Dengan menempuh perjalanan sekitar 7 km dari Kota Pangkalpinang kamu bisa merasakan langsung pasir pantai yang sangat halus dan putih bersih. Fasilitas di Pantai Pasir Padi sudah cukup lengkap lho seperti toilet, mushola, pos keamanan dan kamar ganti sudah tersedia di sini.

Hamparan pasir pantai sepanjang lebih kurang 2 km memanjakan anda untuk bebas bermain olahraga pantai. Ombak yang tenang juga menenangkan hati saat bermain air dan berenang. Pantas saja kalau kunjungan wisatawan ke pantai ini mencapai sekitar 6.000 orang per hari saat hari libur.

Struktur pantai yang landai dan kontur pasir yang padat karena terdapat pasir timah yang terdapat di bawah pasir pantai membuat pantai ini nyaman untuk dilalui. Sekitar 200 meter dari bibir pantai tampak Pulau Punai yang kecil nan indah yang bisa dikunjungi saat pantai surut. 

9. Pantai Tikus Sungailiat

Sebuah Vihara megah bersanding dengan pancaran warna biru dari laut menampilkan pemandangan yang tidak biasa, hanya bisa Anda temukan di Pantai Tikus Sungailiat. Diberi nama Pantai Tikus Sungailiat kabarnya karena di sekitar pantai banyak jalan tikus alias jalan setapak. Selain itu, ada juga yang menyebutkan kalau dahulu di area pantai ini terdapat banyak tikus berkeliaran.

Fasilitas yang disediakan oleh pantai yang satu ini cukup lengkap untuk pantai yang tergolong baru. Olahraga air, voli pantai, flying fox, sampai berkemah bisa sobat tiket lakukan di Pantai Tikus Sungailiat. Dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dari Kota Pangkalpinang, kamu sudah bisa menikmati keindahan pasir putih dengan sedikit batu granit.

10.Gunung Menumbing


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts