HealthNews

Maskapai Singapore Air Line Siap Bawa Vaksin Covid-19

Jakarta, Journalarta.com – Di tengah persiapan berbagai negara mengirimkan dan menerima vaksin, maskapai penerbangan mulai bergerak dengan menyediakan layanan angkut khusus vaksin. Proses distribusi vaksin memang butuh penanganan khusus agar tak rusak selama perjalanan, termasuk soal suhu yang stabil. Kegiatan distribusi vaksin ini dianggap operasi paling kompleks oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional.

Salah satunya Singapore Airlines, maskapai negeri jiran ini memprioritaskan kapasitas pesawat pengirimannya untuk mengirimkan vaksin Covid-19. Maskapai tersebut akan segera melakukan penerbangan uji coba untuk proses pengiriman vaksin.

Dikutip dari Bloomberg yang melansir Straits Times berdasarkan pernyataan perusahaan mengatakan ruang kargo akan disediakan untuk memprioritaskan pengiriman vaksin di jalur perdagangan utama. Kapal kargo Boeing Co 747-400, serta pesawat penumpang, akan dikerahkan untuk meningkatkan kapasitas jika diperlukan.

Kemudian, berdasarkan laporan The Business Times melaporkan bahwa maskapai Singapore Airlines memiliki tujuh Boeing 747-400 kargo yang siap untuk mengangkut vaksin covid-19. Sementara itu, armada pesawat penumpangnya juga siap dikerahkan untuk meningkatkan kapasitas.

Chin Yau Seng, Wakil Presiden senior kargo mengatakan pengangkut Asia Tenggara sedang dalam pembicaraan dengan beberapa produsen vaksin, dan mengerjakan rincian uji coba yang direncanakan

 

Selama ini maskapai penerbangan telah dihantam oleh pandemi karena permintaan penumpang menurun, kini maskapai penerbangan harus kerja keras dalam upaya untuk memberantas covid-19 dengan mengangkut miliaran botol vaksin. Asosiasi Transportasi Udara Internasional juga menggambarkan operasi tersebut sebagai “latihan logistik paling kompleks yang pernah ada”.(**)

 

Sumber : CNBC Indonesia

Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts