News

Gubernur Babel Minta Pembangunan Desa Selaras Dengan Visi Pembangunan Daerah

PANGKALPINANG, journalarta.com – Kepala desa di seluruh Bangka Belitung diharapkan menyusun rencana program dan kegiatan khususnya dalam penggunaan dana desa tahun 2021 selaras dengan arah pembangunan pemerintah kabupaten/kota maupun Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel).

Berawal dari keselarasan ini, diyakini pembangunan akan berjalan lebih kuat dan manfaatnya juga akan lebih dirasakan oleh masyarakat.

Pernyataan ini diungkapkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel, Erzaldi Rosman saat memberikan arahan dalam Kegiatan Sosialisasi Percepatan Penggunaan dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2021, di Ballroom Hotel Bangka City, Senin (14/12/20).

Seperti program pertanian yang telah dicanangkan oleh Pemprov. Babel. Dengan didukung penguatannya oleh program kegiatan dari kabupaten dan desa. Sehingga, program pertanian ini akan menjadi kuat dan sasarannya juga akan lebih tercapai.

Harapannya, penyusunan perencanaan program dan kegiatan ini agar disusun sedini mungkin. Harus efektif dan efisien serta memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Sebab, apa pun yang akan dikerjakan, hasilnya jadi lebih baik jika dibuat perencanaan yang baik pula.

“Hal-hal seperti inilah yang terus kita koordinasikan dan kita sinergikan, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Kita harus mengangkat perekonomian kita ini dari kontraksi yang sudah cukup dalam,” ungkapnya.

Gubernur Erzaldi juga mengingatkan perlunya melibatkan masyarakat dalam hal ini perlu peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pendamping desa dalam perencananya.

“Dana desa ini banyak, besar, dan ditransfer langsung oleh pemerintah pusat langsung ke desa. Bayangkan kalau pemanfaatannya tidak berimbas kepada peningkatan ekonomi. Oleh sebab itu, harus perlu dibuat perencanaannya sebaik mungkin,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ikhwan Mulyawan yang menjadi narasumber dalam Kegiatan Sosialisasi tersebut menjelaskan tentang Overview Keuangan Desa, Pengawasan dalam Perencanaan dan Penganggaran, Pengawasan BumDes, Pendampingan Masyarakat Desa, serta Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021.

Senada dengan Gubernur Erzaldi, Kepala Perwakilan BPKP Babel, Ikhwan Mulyawan juga berharap, adanya keselarasan antara pemerintah desa, kabupaten, provinsi, dan pusat dalam perencanaan penyusunan program dan kegiatannya.

Kegiatan Sosialisasi Percepatan Penggunaan dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2021 yang mengangkat Tema “Sinergisitas Membangun Bangka Belitung Dari Desa” ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DPMD Babel). Ikut hadir dalam kegiatan ini Plt. Kepala DPMD Babel, Yulizar Adnan; Anggota DPD RI Babel, Hudarni Rani; Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Babel, Wahyu; kepala desa, BPD, dan pendamping desa se-Babel.(**)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts