NewsSeleb

Hasil Rekapitulasi KPU, Sahrul Gunawan Menangi Pilkada Bandung

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kab.Bandung Dadang Supriatna (kiri) dan artis Sahrul Gunawan.(foto : Bandung kita.id)

Bandung, Journalarta.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung telah menyelesaikan rapat pleno penetapan rekapitulasi hasil Pilkada 2020. Hasilnya, pasangan calon Dadang Supriatna- Sahrul Gunawan menang.

Paslon nomor urut 3 yang diusung PKB, NasDem, Demokrat dan PKS itu memperoleh suara terbanyak, yaitu 928.902 suara.

Peraih suara terbanyak kedua adalah pasangan calon nomor urut 1, Kurnia Agustina-Usman Sayogi. Pasangan yang diusung Partai Golkar dan Gerindra tersebut mendapat 511.413 suara.

Sementara pasangan nomor urut 2, Yena Iskandar Masoem-Atep yang diusung PDI Perjuangan dan PAN memperoleh 217.780 suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU Kabupaten Bandung, terdapat 1.657.795 suara sah dan 53.847 suara tidak sah. Total masyarakat yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.711.642.

“Dengan ini rapat pleno terbuka tahun 2020 di masa pandemi tingkat Kabupaten Bandung disahkan pada pukul 21.00 WIB,” kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya, Selasa (15/12).

Agus mengatakan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 mengalami kenaikan dibandingkan kontestasi sebelumnya.

“Naik sekitar 9 persen menjadi 72,18 persen untuk pemilih sekarang,” ucapnya.

Setelah dibuat berita acara rekapitulasi, KPU memberikan waktu 3 x 24 jam kepada setiap paslon untuk menyampaikan masa sanggah.

Jika sampai batas waktu ditentukan tidak ada sanggahan dari masing-masing paslon, KPU akan melanjutkan ke tahap penetapan bupati dan wakil bupati terpilih.

“Apabila bapak ibu ada hal-hal yang disampaikan ke MK (Mahkamah Konstitusi), maka batas waktunya tiga hari setelah ditetapkan raihan suara hari ini. Berarti nanti hari Jumat paling akhir pukul 21.00 WIB,” kata Agus.

Setelah itu kalau tidak ada gugatan kami akan mendapatkan pemberitahuan dari KPU RI, kami akan menunggu surat dari KPU RI daerah mana saja yang bisa menetapkan calon terpilih,” sambungnya.(CNN Indonesia)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts