Daerah

Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, TNI Kerahkan 4.850 Prajurit Untuk Mengamankan Situasi di Papua

Ilustrasi Pasukan TNI (antara)

Papua, Journalarta.com – Sebanyak 4.850 prajurit TNI dikerahkann untuk mengamankan situasi di Papua menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021.

Kapendam XVII/Cendrawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria, mengatakan ribuan prajurit itu dikerahkan untuk membantu aparat kepolisian di Polda Papua.

Dalam melaksanakan tugasnya, kata Letkol Reza, para prajurit TNI tersebut akan disebar di seluruh wilayah Papua.

“4.850 personel tersebar di seluruh wilayah Papua mem-back up Polda Papua,” kata Letkol Reza pada Selasa (22/12/2020).

Reza mengatakan, Kodam XVII Cenderawasih akan tetap menggelar patroli baik yang bersifat rutin ataupun insidentil dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2021.

“Selain itu, Kodam XVII/Cenderawasih juga mendukung dan mem-back up kegiatan Operasi Lilin Matoa TA 2020 yang dilaksanakan oleh Polda Papua,” ujar Reza.

Reza menjelaskan, upaya yang dilakukan TNI ini juga merupakan instruksi dari Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.

Mayjen Ignatius, kata Reza, menginstruksikan kepada prajurit TNI untuk mendukung pemerintah daerah Papua dan Polda Papua demi menjaga stabilitas Papua selama Natal dan Tahun Baru.

Reza pun berharap pada saat Natal dan Tahun Baru nanti situasi bisa berjalan aman dan damai, sehingga umat kristiani di Papua bisa merayakan Natal.

“Kodam XVII/Cenderawasih siap mendukung pemerintah daerah dan Polda Papua untuk menciptakan stabilitas dan situasi yang aman dan damai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kol Gusti Nyoman Suriastawa menuturkan, saat ini situasi masih cukup landai.

Namun demikian, kata Nyoman, seluruh prajurit TNI di Papua tetap diminta siaga dalam pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru.

Adapun dalam pelaksanaannya, Nyoman menambahkan, pola pengamanan akan dilakukan sesuai dengan protokol.

“Semua prajurit tetap siaga sambil membantu masyarakat saat bulan kasih,” ujar Nyoman.

“Situasi cukup landai dan masyarakat sangat antusias dan fokus pada bulan kasih menjelang penyambutan Natal dan Tahun Baru.” (Kompas)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts