Daerah

Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyeludupan Limbah Alat Kesehatan

Limbah ilegal itu dibawa menggunakan 4 truk dari Malaysia melalui jalur Rokan Hilir, Riau

Riau, Journalarta.com – Mendapatkan informasi adanya upaya penyelundupan limbah alat kesehatan mulai dari sarung tangan karet bekas hingga plastik face shield bekas yang dibawa oleh sejumlah truk, Petugas Kantor Bea Cukai Dumai, Riau, bergerak menelusuri jalur perjalanan truk tersebut, Kamis (14/1/21) malam.

Alhasil, Petugas berhasil menggagalkan penyeludupan limbah alat kesehatan. Limbah ilegal itu dibawa menggunakan 4 truk dari Malaysia melalui jalur Rokan Hilir, Riau.

Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi, dalam keterangannya mengatakan penindakan tersebut berada di daerah Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir.

“Penindakan yang kita lakukan ini berada di daerah Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, diduga merupakan barang impor yang tidak mengindahkan ketentuan kepabeanan,” katanya, Jumat (22/1/21) yang dikutip dari Kumparan.com.

Baca juga : Pengusaha Rokok Di Kepri Tewas Tertembak, Keluarga Korban Laporkan Bea dan Cukai

Lebih Lanjut, Fuad Fauzi mengatakan Petugas Bea Cukai Dumai kemudian melakukan penyegelan terhadap barang dan sarana pengangkut, serta tujuh orang yang mengangkut barang barang tersebut dan dibawa menuju Kantor Bea Cukai Dumai guna pemeriksaan dan penelitian lebih lanjut.

“Saat ini terhadap dua truk dengan muatan 201 karton obat-obatan telah diserahterimakan ke BPOM Pekanbaru untuk penanganan lebih lanjut, sementara terhadap dua truk dengan muatan 550 karung berupa limbah sarung tangan latex, masih proses penelitian dengan berkoordinasi Tim Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Riau,” terangnya.

Fauzi pun menerangkan sampai saat ini petugas masih memeriksa keterangan saksi yang diamankan.

“Tim petugas masih memeriksa keterangan saksi yang kita amankan terkait akan dibawa ke mana dan diapakan barang barang sisa alat kesehatan tersebut,” tegasnya. (Kumparan)

Baca juga : Polda Riau Usut Kematian Haji Permata Yang Tertembak Oleh Bea Cukai


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts