News

Terkait Tewasnya Pengusaha Rokok Kepri, Polisi Periksa 6 Petugas Bea Cukai

Polisi telah memeriksa saksi-saksi, termasuk Kepala Bea Cukai Tembilahan dan Kasi Penindakan Bea Cukai Karimun

Pekanbaru, Journalarta.com – Polda Riau masih mendalami kasus tertembaknya pengusaha asal Batam, Haji Permata. Kini polisi memeriksa 6 orang petugas Bea Cukai yang ikut dalam penggerebekan rokok ilegal.

“Enam petugas Bea Cukai Tembilahan hari ini datang, sedang menjalani pemeriksaan,” terang Direktur Dit Reskrimum Polda Riau, Kombes Teddy Ristiawan kepada wartawan, Senin (25/1/21).

Keenam petugas Bea Cukai datang setelah sempat tak hadir pada panggilan pertama karena sedang diperiksa internal di Kantor Ditjen Bea Cukai di Jakarta.

“Hari ini mereka diperiksa sebagai saksi,” sambung Teddy.

Sebelumnya, keluarga Haji Permata melaporkan Bea Cukai ke Polda Kepulauan Riau (Kepri). Isi laporan ialah dugaan pembunuhan terhadap Haji Permata di perairan Tembilahan, Indragiri Hilir.

“Dari surat tanda terima laporan, itu melaporkan ada dugaan tindak pidana pembunuhan. Pelapornya Bapak Arjuna, kalau tidak salah ini anak almarhum. Terlapornya Bea-Cukai,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt, Sabtu (16/1/21) lalu.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kepulauan Riau (Kepri) juga telah buka suara menanggapi kabar penembakan pengusaha di Kepri oleh pihaknya. Bea-Cukai Kepri mengatakan kasus ini berawal dari patroli soal penyelundupan rokok ilegal.

Baca juga : Pengusaha Rokok Di Kepri Tewas Tertembak, Keluarga Korban Laporkan Bea dan Cukai

Insiden berawal dari pengejaran terhadap kapal yang diduga menyelundupkan rokok ilegal oleh Satgas Patroli Laut Bea Cukai Wilayah Khusus Kepri dan Bea-Cukai Tembilahan, Jumat (15/1/21). Saat pengejaran, terjadi perlawanan sehingga petugas melepas tembakan.

“Anggota kami sudah dalam posisi terdesak dan pelaku sudah menyerang dengan mengayunkan senjata tajamnya ke badan petugas. Dalam keadaan terdesak dan keselamatan jiwanya terancam, petugas melakukan pembelaan diri dan terpaksa melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku yang menyerang petugas Bea-Cukai,” kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Syarif Hidayat.

Polisi telah memeriksa saksi-saksi, termasuk Kepala Bea Cukai Tembilahan dan Kasi Penindakan Bea Cukai Karimun.

Sumber : Detikcom.

Baca juga : Polda Riau Usut Kematian Haji Permata Yang Tertembak Oleh Bea Cukai


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts