OPINI

Peran Penting Seorang Pemimpin Dalam Semangat Kerja

Artikel dari Redaksi untuk para pembaca

Journalarta.com – Dalam setiap organisasi/perusahaan sudah sangat jelas bahwa kepemimpinan seseorang sangat berpengaruh terhadap segala sesuatu yang timbul dari bawahannya. Segala sesuatu tersebut bisa berupa semangat dalam menjalani suatu tugas tertentu.

Sebagai contoh, Dalam bekerja seseorang atau pegawai akan mengharapkan suatu pujian tertentu atas hasil kerja atau karyanya dari pimpinan. Pujian tersebut yang nantinya akan menumbuhkan semangat lebih dalam bekerja.

Semangat tadi kemudian akan membangkitkan motivasi yang lebih baik pula bahkan pegawai tersebut sudah merasa termotivasi dan kemudian akan mampu memotivasi dirinya sendiri dan juga orang yang berada disekitarnya.

Dari ulasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kepemimpinan sangat berperan penting terhadap tumbuhnya motivasi kerja yang berdampak positif terhadap semangat kerja yang nantinya diharapkan akan terus meningkat.

Dalam artikel kali ini, Redaksi akan menyajikan berupa wawasan mengenai Pentingnya Kepemimpinan Dalam Semangat Kerja, yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan acuan refrensi anda.

Semangat kerja merupakan suatu cara atau metode yang digunakan dalam pencapaian prestasi kerja dan produktivitas dalam bekerja.

Sedangkan kepemimpinan merupakan suatu aktivitas perilaku pemimpin untuk mempengaruhi dan memotivasi melalui proses komunikasi serta informasi agar bawahan dapat diarahkan ketujuan organisasi/perusahaan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Adapun aktivitas dari perilaku pemimpin harus dapat menunjukkan visi kepemimpinan, yaitu pemimpin yang transparansi mengenai kegiatan yang telah dan yang akan dibuat, pemimpin yang responsif terhadap tuntutan atau masalah yang berkembang di masyarakat, pemimpin profesional pada bidang tugasnya dan pemimpin yang dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Kepemimpinan juga dilandasi adanya faktor yang mempengaruhi diantaranya :

  1. Berasal dari diri kita sendiri.
  2. Pandangan kita terhadap manusia.
  3. Keadaan kelompok.
  4. Situasi kepemimpinan

Dalam berbagai konsep kepemimpinan telah disebutkan pemimpin selalu lebih mendominasi rnempengaruhi bawahannya. Hal ini menunjukkan bahwa diantara pemimpin dan bawahan mempunyai interaksi yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya sesuai dengan waktu, tempat, dan situasi dimana mereka berada. Bahkan sejarah telah mencatat bahwa pemimpin yang berhasil pada suatu saat, belum tentu berhasil pada saat yang lain.

Dari berbagai uraian di atas, sudah dapat dilihat bahwa peran kepemimpinan sangat penting dalam semangat kerja. Pentingnya kepemimpinan dalam semangat kerja antara lain :

  1. Sebagai ladang motivasi bagi pegawai atau bawahan

Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Pada dasarnya manusia pertama-tama termotivasi untuk pemenuhan kebutuhan fisik. Dan setelah kebutuhan fisik terpenuhi maka kebutuhan manusia akan meningkat ke tahap kedua kebutuhan keamanan. Kemudian setelah terpenuhi kebutuhan keamanan maka akan terus meningkat kebutuhannya sampai pada tingkatan terakhir yaitu kebutuhan aktualisasi diri.

Dalam hal inilah peran kepemimpinan sangat penting sebagai dasar tumbuhnya motivasi.

  1. Sebagai Informasi

Pemimpin merupakan pusat informasi yang sangat dibutuhkan untuk memudahkan bawahan melaksanakan tugas-tugasnya didalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Apabila informasi yang dibutuhkan bawahan tidak dapat dimengerti dan dipahami, maka akan mengakibatkan keterlambatan dan bahkan kesalahan di dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Oleh sebab itu, informasi harus disampaikan dengan jelas dan tepat oleh pemimpin kepada bawahannya supaya informasi (pesan) yang disampaikan tersebut dapat diterima dengan jelas, baik dan dapat dimengerti.

  1. Sebagai pengambil keputusan

Pemimpinan atau kualitas kepemimpinan yang mempengaruhi semangat kerja pegawai dapat dilihat dari 4 (empat) indikator yaitu: kekuatan pengaruh ke arah yang positif, kemampuan untuk mendorong dan membangkitkan motivasi bawahan atau pengikut, kemampuan dalam menyerap serta memberikan informasi kepada bawahan dan kemampuan dalam pengambilan keputusan yang tegas, konsisten dan konsekuen.

Demikian artikel tentang pentingnya kepemimpinan dalam semangat kerja. Semoga dapat bermanfaat sebagai refrensi anda.


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts