News

ANTM Targetkan Penjualan Bijih Nikel Naik Sebesar 6,71juta wmt

Hingga 15 Februari 2021 harga saham sudah meningkat sebesar 33,04%

Jakarta, Journalarta.com – Memasuki awal tahun baru China, dalam mitologi masyarakat Tiongkok tahun kali ini merupakan tahun kerbau logam. Sejumlah ahli fengshui memprediksi tahun kerbau logam ini menjadi tahun yang membawa sentimen positif untuk emiten pertambangan baik itu tambang logam dan juga batubara.⁣

Berkaitan dengan tambang logam, PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) adalah salah satu perusahaan plat merah yang masuk ke dalam sektor pertambangan mineral logam. Beberapa produk yang diproduksi oleh ANTM antara lain feronikel, bijih nikel, emas, perak, bauksit dan alumina.⁣

Salah satu produk ANTM yang saat ini sedang digandrungi oleh perusahan manufaktur global adalah nikel yang akan menjadi bahan baku dalam pembuatan baterai untuk pengembangan kendaraan listrik (electric vehicleEV).

ANTM juga menargetkan penjualan bijih nikel di 2021 naik sebesar 6,71juta wet metric ton (wmt) atau 104% lebih tinggi dibandingkan penjualan bijih nikel pada 2020 yang mencapai 3,3juta wmt. Sementara harga nikel pada 2021 diperkirakan berada di kisaran US$ 16.000-US$ 17.000 per ton, seperti dikutip dari BUMN.Info, Selasa (23/2/21).

Baca juga: BUMN Diharapakan Dukung Progam Gerakan Nasional Wakaf Uang

Untuk harga saham ANTM, sejak awal tahun hingga 15 Februari 2021 sudah meningkat sebesar 33,04% atau di level Rp2.900. Saham ANTM pun pernah menyentuh harga tertingginya dalam 5 tahun terakhir yaitu di level Rp3.190 pada perdagangan 20 Januari 2021.

Kenaikan harga ANTM ini dibarengi dengan peningkatan frekuensi dan nilai perdagangan yang menyentuh angka Rp23,91 triliun dalam kurun waktu 8 hari bursa dalam Februari 2021. Dari capaian-capaian yang dicatatkan tersebut membuat saham ANTM masuk ke dalam MSCI Index Indonesia.

MSCI Indonesia Index merupakan indeks yang secara umum menilai emiten. MSCI Indonesia Index biasanya menjadi acuan investor.⁣(red)

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Babel Alami Peningkatan Cukup Baik Pada Triwulan IV 2020 Lalu


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts