News

Dalam PKMI 2021 Ada Kegiatan PWMI Ditujukan Bagi Dosen

PWMI bagian dari PKMI untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa

Jakarta, Journalarta.com – Kemendikbud melalui Ditjen Dikti meluncurkan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) 2021, ada kegiatan Pendampingan Wirausaha Muda Indonesia (PWMI) yang ditujukan bagi dosen untuk mendampingi mahasiswa peserta Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

Melalui PWMI ini nantinya para dosen kewirausahaan dapat memberikan masukan dan membantu permasalahan yang dihadapi dalam wirausaha mahasiswa.

PWMI merupakan bagian dari PKMI untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa peserta KBMI dan ASMI. Dalam pelaksanaan program KBMI dan ASMI perlu dilakukan pendampingan oleh dosen kewirausahaan yang dapat memberikan masukan kepada mahasiswa untuk menganalisis masalah yang dihadapi serta memberikan saran atau solusi dari berbagai permasalahan usaha yang ada, seperti dikutip dari sim-pkmi.kemendikbud.go.id, Selasa(23/2/21).

Terdapat 3 syarat pengusul yakni, Dosen perguruan tinggi yang memiliki Nomer Induk Dosen Nasional (NIDN), Nomer Induk Dosen Khusus (NIDK), dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT). Syarat yang kedua yaitu mendapatkan rekomendasi dari pemimpin perguruan tinggi, dan yang terakhir setiap perguruan tinggi mengusulkan 1 (satu) calon pendamping kewirausahaan yang mewakili perguruan tinggi.

Baca juga: Tujuan dan Fungsi BUMDes Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Ada 4 tata cara pengusul yakni, Perguruan tinggi mengusulkan satu dosen pendamping melalui operator perguruan tinggi pada laman SIM-PKMI, Mengunggah daftar riwayat hidup calon dosen pendamping sesuai format yang disediakan.

Kemudian, mengunggah surat pernyataan kesedian mengikuti pembekalan dan penyamaan persepsi pendampingan kegiatan KBMI dan ASMI 2021 dan terakhir mengunggah surat rekomendasi dari pemimpin perguruan tinggi, format atau template semua dokumen dapat diunduh pada laman SIM-PKMI.

Untuk Pelaksanaan sosialisasi PKMI termasuk PWMI kepada dosen yaitu pada bulan Febuari. Pendaftaran dalam bentuk pengajuan usulan dosen dan praktisi pendamping melalui SIM-PKMI dijadwalkan bulan Febuari-Maret.

Sedangkan untuk Workshop pendamping untuk pembekalan dan persamaan persepsi dijadwalkan pada bulan Mei, dan untuk Pelaporan hasil pendampingan dan kemajuan usha mahasiswa dijadwalkan dari April sampai September.

Sebagai catatan bahwa jadwal pelaksanaan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pelaksanaan kegiatan PKMI, setiap perubahan waktu akan disampaikan melalui SIM-PKMI.(red)

Baca juga2021 Babel Akan Bangun Balai Teknologi Informasi Pendidikan

 

 

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts