News

Diangkat Jadi Komut PT KAI, Said Aqil Tetap Kritis

Kiai Said Berkomitmen Menyedekahkan Gajinya Melalui NU Care-LAZISNU

Jakarta, Journalarta.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil mendapat amanah untuk menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pengangkatan Kiai Said menjadi Komut PT KAI tersebut dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Rabu (3/3/21) kemarin.

Meski di angkat menjadi Komut PT KAI, Kiai Said menegaskan tetap kritis kepada pemerintah jika kebijakannya terlalu condong kepada kelompok oligarki. Publik pun mengetahui bahwa kiai kelahiran Cirebon itu kerap mengritik pemerintah terkait ketimpangan ekonomi.

“Publik juga masih sangat ingat Kiai Said sering menyerukan agar pemerintah dan pengusaha merangkul warga miskin serta pengusaha kecil,” ungkap Juru Bicara Pribadi Kiai Said, Muchamad Nabil Haroen atau biasa di sapa Gus Nabil, di kutip dari nu.or.id, Kamis (4/3/21) sore.

Gus Nabil menambahkan meski KH Said Aqil di angkat sebagai Komut PT KAI, tidak akan mengubah kritikan beliau kepada pemerintah.

“Penunjukan Kiai Said sebagai Komut PT KAI, tidak mengubah kritik beliau kepada pemerintah. Kiai Said tetap akan kritis, terutama atas hal-hal yang di anggap menyimpang dari kemaslahatan publik (mashlahah ‘ammah),” ujarnya.

Baca juga: PBNU Menolak Tegas Rencana Pemerintah Terkait Investasi Miras

Gus Nabil menerangkan berbagai kritik Kiai Said tentu bertumpu pada kaidah-kaidah Islam yang jelas dan bertujuan untuk membangun kesejahteraan publik, Kemudian akan mendukung pemerintah dalam program-program yang membela rakyat kecil dan publik secara umum.

“Sesuai kaidah tasharruful imam ‘ala ar-raiyyah manuthun bil mashlahah (kebijakan para pemimpin harus bertumpu kepada kemaslahatan publik). Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam hal kapabilitas,” ungkapnya.

KH Said Aqil juga berkomitmen menggerakkan ekonomi rakyat kecil. Ia akan berpihak dan memperjuangkan aspirasi rakyat untuk ekonomi kewargaan melalui PT KAI. Sebab selama ini, sang Kiai di kenal sebagai sosok yang sangat gigih menjaga keutuhan NKRI. Ia akan berada di barisan pertama melawan pihak-pihak yang mengancam keamanan negara.

Selain akan terus kritis kepada pemerintah, sebagai Komut PT KAI, KH Said Aqil berkomitmen untuk menyedekahkan gajinya melalui NU Care-LAZISNU. (**)

Baca juga: PBNU Apresiasi Presiden Jokowi Cabut Lampiran Perpres Investasi Miras


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts