News

Marsekal Hadi Tjahjanto: Museum Satria Mandala Sejarah Perjuangan Bangsa

Museum Satria Mandala merupakan bagian penting dari pelestarian sejarah.

Jakarta, Journalarta.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., di dampingi Kasal Laksamana Yudo Margono, Kasau Marsekal Fajar Prasetyo, Wakasad Mayjen Bakti Agus Fadjari  dan Ketum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto melakukan peletakan batu pertama Renovasi dan Revitalisasi Museum Satria Mandala di Komplek Pusat Sejarah TNI, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Dalam sambutanya Panglima TNI menjelaskan bahwa Museum Satria Mandala menjadi bagian penting dari pelestarian sejarah serta membangun jiwa kebangsaan dan patriotisme, khususnya bagi generasi muda.

“Museum Satria Mandala menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat, khususnya terkait sejarah TNI. Sejarah TNI tidak dapat di lepaskan dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: TNI AD Kembali Gelar Vaksinasi Untuk Para Purnawirawan

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa nilai-nilai perjuangan, pengorbanan, jiwa pantang menyerah serta persatuan dan kesatuan perlu di wariskan kepada generasi masa depan bangsa.

“Tanggung jawab kita semua untuk meneruskan nilai-nilai sejarah tersebut agar tidak lekang oleh zaman. Masih banyak peristiwa-peristiwa sejarah yang perlu di gali lebih dalam,” katanya.

Menurut Panglima TNI,  museum harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman agar tetap menarik serta menyajikan informasi yang menggugah. Kemajuan teknologi dapat di manfaatkan untuk menampilkan benda sejarah secara lebih interaktif.

“Kemajuan teknologi dan disrupsi akibat pandemi membawa perubahan bagi banyak museum di dunia. Kunjungan virtual, interaksi secara digital, dan berbagai inovasi lainnya memungkinkan imajinasi anak muda di kombinasikan dengan nilai-nilai perjuangan bangsa,” pungkasnya. (Puspen TNI)

Baca juga: Perwira Hukum TNI AU Harus Memiliki Kapabilitas Hukum dan Perundang-Undangan


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts