DaerahNews

Dalam Sehari Sulawesi Tengah Di Guncang Dua Kali Gempabumi

Dua Kali Gempa di hari yang sama guncang wilayah Sulawesi Tengah.

Journalarta.comTelah terjadi Gempa Bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, Selasa (16/3/2021) pukul 13.05 WIB.

Berdasarkan informasi yang di rilis dari BMKG, Lokasi gempa berada di titik koordinat 32,68 LS, 123,09 BT atau berada 123 km BaratDaya BANGGAILAUT-SULTENG.

Peta Guncangan Gempabumi
Peta Guncangan Gempabumi wilayah Sulawesi Tengah, pukul 13.17 WITA. ( Image : BMKG )

Baca juga: Gempa Bumi Guncang Wilayah Bengkulu dan Sorong

Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km. Gempa di rasakan juga II-III Morowali, II-III Morowali Utara, II-III Banggai Laut, II-III Banggai Kepulauan, dan II Banggai.

Tak lama berselang, BMKG juga melaporkan telah terjadi Gempa Bumi tektonik bermagnitudo 4.2 mengguncang wilayah Lalundu, Kabupaten Donggala, prov. Sulawesi Tengah, Selasa (16/3/2021) pukul 13.17 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.43 LS, 119.71 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 24 km arah Tenggara Lalundu pada kedalaman 7 km.

Gempa Sulawesi Tengah
Peta Guncangan Gempabumi wilayah Lalundu, Kabupaten Donggala, prov. Sulawesi Tengah, Selasa (16/3/2021) pukul 13.17 WITA. ( Image : BMKG )

Baca juga: Gempa Bumi Guncang Wilayah Bengkulu dan Kepulauan Mentawai

BMKG menyebut, Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini di rasakan III MMI di Lalundu, Kulawi dan Dolo Selatan dan II-III MMI di Dolo.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat di himbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.(red)

Baca juga: Wilayah Halmahera Selatan Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 5,0

 

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts