News

Prabowo Serahkan Kapal Selam Alugoro 405 Kepada TNI AL

Kapal Selam Alugoro 405 merupakan kapal ketiga yang sejenis di miliki TNI AL.

Surabaya, Journalarta.com – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan serah terima Kapal Selam Alugoro 405 kepada TNI Angkatan Laut di PT. PAL Surabaya, Rabu (17/3/2021).

Acara tersebut di hadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono.

Menhan mengatakan serah terima ini merupakan suatu tonggak historis dalam sejarah bahwa untuk pertama kali Galangan Kapal PT PAL berhasil ikut serta dalam produksi kapal selam sebagai penambah kekuatan alutsista TNI AL.

“Kita harus memiliki tentara yang kuat, ada pelajaran sejarah bahwa bangsa yang melupakan tentaranya nantinya tentara asing yang akan menduduki negara itu. Jadi kita harus mempunyai kekuatan yang cukup untuk mengamankan wilayah kita sendiri. Melindungi segenap tumpah darah kita dan menjaga keutuhan wilayah bangsa kita. Kita butuh Angkatan Laut yang kuat dan itu mutlak”, tegasnya.

Baca juga: TNI AL Berhasil Menemukan Lokasi Keberadaan Black Box Sriwijaya Air

Sementara itu, Kasal Laksamana Yudo Margono mengatakan KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam Kelas DSME 1400 ketiga dari tiga buah sejenis. Kapal ini di buat melalui kerja sama PT PAL dengan DSME Korea Selatan dalam rangka Transfer of Technology sekaligus Transfer of Knowledge.

Kapal selam Alugoro-405 adalah kapal jenis Diesel Electric untuk memperkuat Alutsista di jajaran TNI Angkatan Laut khususnya Satuan Kapal Selam (Satsel) Komando Armada (Koarmada) II Surabaya.

Nama Alugoro untuk kapal ini di ambil dari nama senjata Prabu Baladewa yang berbentuk Gada dengan kekuatan pemusnah sangat dahsyat. KRI Alugoro kapal selam pertama yang di rakit di fasilitas PT PAL Surabaya.

Kapal selam ini memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air. Kapal ini mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru di tambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya.(Dispenal/red)

Baca juga: Dukung Pengamanan Presiden, TNI AL Kerahkan KRI OWA-354


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts