News

Program Kartu Prakerja Tingkatkan Keterampilan Para Penerima

Program Kartu Prakerja Dorong Kewirausahaan Para Penerima

Jakarta, Journalarta.com – Presiden Joko Widodo mengatakan Program Kartu Prakerja telah meningkatkan keterampilan penerimanya secara berkelanjutan dengan 1.700 macam pelatihan dari 165 lembaga yang di pilih sesuai kebutuhan dan minat peserta. Pelatihan para peserta juga berlangsung lebih cepat di mana pun berada karena melalui daring.

Hal tersebut di sampaikan Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada para penerima Kartu Prakerja Tahun 2020-2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Melalui keterangan tertulisnya yang di unggah melalui akun instagram pribadinya, Presiden Jokowi menerangkan bahwa Program Kartu Prakerja pada tahun 2020 lalu menjangkau 5,6 juta penerima dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Program tersebut di gulirkan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing. Dalam pelaksanaannya tahun ini, program ini juga di arahkan untuk mendorong kewirausahaan para penerima.

Presiden mencontohkan seorang penerima manfaat kartu Prakerja yaitu Stevenly Rio Loginsi kehilangan pekerjaannya sebagai satpam, setelah tempat kerjanya di Sulawesi Utara di tutup saat pandemi melanda Indonesia.

“Demi menghidupi diri dan keluarga, ia sempat bekerja menarik ojek online, sampai pada Mei tahun lalu, ia memperoleh informasi mengenai program Kartu Prakerja. Ia langsung tertarik, lalu mendaftar, dan ternyata di terima,” ungkap Presiden.

Lebih lanjut Presiden meneruskan, Singkat cerita, dari pelatihan pemasaran yang di ikutinya melalui Kartu Prakerja, Rio telah punya bekal dan memetik hasilnya. Ia kini telah bekerja di sebuah perusahaan operator seluler.

“Apa yang dialami Rio dan para penerima Kartu Prakerja lainnya dapat menjadi pelajaran dan jadi model untuk terus meningkatkan keterampilan. Apabila situasi pandemi telah berlalu, akan lebih banyak peluang kerja dan usaha yang terbuka,” pungkasnya.

Di ketahui, Sebanyak 88,9 persen responden Survei Angkatan Kerja Nasional yang di gelar Badan Pusat Statistik pada Agustus 2020 lalu menyatakan bahwa program Kartu Prakerja yang mereka ikuti telah meningkatkan keterampilan masing-masing. (red)

Baca jugaProgram Kartu Prakerja Tahun 2021 Gelombang 12 Resmi Di buka

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts