News

Pelatihan di BLK Dilengkapi Sertifikasi dan Penempatan Kerja

Lulusan BLK Mendapatkan Kepastian Penempatan Kerja.

Jakarta, Journalarta.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menginginkan pelatihan kerja di BLK juga mengombinasikan sertifikasi dan penempatan. Sehingga, selain mendapatkan keterampilan dan sertifikasi, lulusan BLK juga mendapatkan kepastian penempatan.

“Proses yang berjalan itu harus dalam satu tarikan nafas. Pelatihan kompetensinya, kemudian sertifikasi, dan kemudian berorientasi pada penempatan,” kata Menaker usai membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I Tahun 2021 di BLK Makassar, Jumat (19/3/2021).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa saat ini pihaknya menerapkan kebijakan 6R yaitu reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, revolusi SDM, revitalisasi fasilitas dan sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship.

Baca juga: Gubernur Babel Terima Penghargaan Pembina K3 2020 Dari Kemnaker RI

Pelaksanaan pelatihan di BLK juga di perkuat dengan berbagai jalinan kerja sama dengan dunia industri setempat guna memastikan pelaksanaan pelatihan telah sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu, BLK juga di lengkapi dengan Kios3in1 yang mempertemukan stakehokders ketenagakerjaan dalam hal pelatihan, sertifikasi, dan penempatan.

“Jadi kita tidak ingin BLK ini justru melahirkan pengangguran baru. Inilah mengapa di butuhkan link and match,” katanya.

Direktorat Jendral Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan menambahkan, selain pembukaan pelatihan, dalam kesempatan ini juga di resmikan gedung Aula Syech Yusuf, gedung Asrama Ainun Habibi, dan Kios 3in1 di Makassar.

“Serta melakukan penandatanganan MoU dengan PT. Hadji Kalla sebagai wujud sinergitas antara pemerintah dengan dunia usaha dan dunia industri,” kata Dirjen Budi Hartawan.(red)

Baca juga: 3 Kementerian Memiliki Rencana Dalam Penanganan Bencana di Indonesia

Sumber : Humas Kemnaker


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts