Daerah

Gubernur Babel Ajak Warga Kembangkan Kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai

Gubernur babel Ajak Warga dan Pelaku Usaha Perikanan Kembangkan Kawasan Pelabuhan Perikanan

Pangkalpinang, Journalarta.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman konsisten untuk melibatkan semua pihak sebelum membuat kebijakan-kebijakan strategis. Itu kembali di buktikan saat mengajak warga dan pelaku usaha perikanan di Pangkalpinang dalam rencananya mengembangkan kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muara Sungai Barutusa di Jalan Ketapang, Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Selasa (23/3/21).

“Kita bertemu di forum ini untuk berdiskusi dan berdialog mudah-mudahan ada keselarasan dalam mengelola PPP Muara Sungai Baturusa, khususnya TPI (Tempat Pengembangan Ikan) agar lebih baik lagi. Tidak seperti sekarang yang saat ini kita lihat kurang nyaman. Makanya kita akan atur,” kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Gubernur menjelaskan kepada warga sekitar terkait pengembangan yang akan di lakukan. Salah satunya adalah pengembangan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di lokasi tersebut.

Erzaldi Rosman mengatakan, dalam pengembangannya TPI yang di bangun akan terintegrasi dengan market. Keduanya harus di padukan. Oleh karena itu, dalam kesempatan terbaik ini, gubernur meminta masukan dari para pelaku usaha agar pembangunan yang di lakukan nanti dapat mengakomodir usaha yang mereka jalankan.

Kepada warga yang merupakan para pelaku usaha perikanan, gubernur berharap agar mendukung pengembangan PPP Muara Sungai Baturusa.

Baca juga: Gubernur Babel Minta Aparat Tertibkan Tambang Ilegal

Bagaimana tanggapan warga?

Dari diskusi dan dialog yang terjadi, di hasilkan kesepakatan bahwa dalam pembangunan TPI, fasilitas pendukung akan di siapkan selain tata ruang dan sirkulasinya.

Beberapa permintaan dari beberapa pelaku usaha akan diakomodir, seperti permintaan TPI yang sifatnya harus terbuka, pendistribusi barang menggunakan forklip dan jalur sarana crane, serta fasilitas pergudangan yang akan di tindaklanjuti dalam pertemuan berikutnya.

Selain itu tempat penginapan yang berupa fasilitas rumah susun dengan biaya yang sangat murah dan penataan perkantoran yang akan menjadi satu pintu untuk pengurusan perkapalan.

Dalam tahapan pembangunan, warga juga meminta untuk di koordinasikan dan aktivitas di TPI selama pembangunan agar tidak terhenti.

Dari masukan-masukan tersebut, rencana PPP Muara Sungai Baturusa yang sudah masuk tahap pertama sosialisasi laporan konsultan akan terjadi perubahan dalam beberapa hal yang menjadi titik evaluasi yang sudah di rencanakan dan terus mengakomodir masyarakat sekitar.

“Pemerintah provinsi insyaAllah tahun ini akan mengembangkan TPI menjadi TPI yang lebih baik, lebih bersih dan dapat memberikan rasa aman, nyaman bagi para penggunanya,” jelas Gubernur Erzaldi Rosman.

Dalam sosialisasi tersebut juga hadir perwakilan Kantor Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. BPKP akan terus mengawal pengembangan PPP Muara Sungai Baturusa.

Baca juga: Gubernur Babel: Kita ke Pengadilan Internasional Jika Lada Dipermainkan


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts