Daerah

Revitalisasi Taman Balekambang Akan Terus Di Lanjutkan

Revitalisasi Taman Balekambang Menunggu Kepastian Menteri PUPR.

Surakarta, Journalarta.com – Revitalisasi Taman Balekambang bakal segera di lanjutkan pada 2021 usai ada kunjungan Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti di Taman Balekambang yang di sambut Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (26/3/2021).

Diana memberi sinyal akan segera melanjutkan revitalisasi taman peninggalan Keraton Mangkunegaran tersebut setelah berkeliling meninjau seluruh kawasan Taman Balekambang termasuk lahan yang masih milik provinsi (rencana akan di hibahkan ke Pemkot Surakarta) seluas 11,5 hektar.

“Ini baru langkah awal untuk melanjutkan revitalisasi Taman Balekambang. Yang sudah di bangun mana saja. Yang kurang mana saja. Baru Parkiran dan Pagar yang di bangun ya. Kepastiannya menunggu kunjungan Menteri PUPR besok Sabtu (27/3/2021),”.

Sementara Walikota Gibran menjelaskan, Pemerintah Kota Surakarta bakal menjadikan Taman Balekambang sebagai Pusat Kebudayaan Kota Surakarta.

“Ya ada beberapa yang nanti kita tambahkan. Beberapa harus kita sentuh sedikit lah,” ujar Putra Sulung Presiden Jokowi.

Baca juga: Usai Di lantik Sebagai Walikota, Gibran Langsung Blusukan ke Pasar

Sekretaris Daerah Surakarta, Ahyani yang mendampingi Walikota menjelaskan, Taman Balekambang pada 2019 tercatat di kunjungi 2.600 wisatawan dan hanya kalah dari Candi Borobudur.

Dalam kunjungannya, dirjen walikota, sekda serta pejabat terkait berkeliling melihat dari dekat hampir semua fasilitas Taman Balekambang termasuk gedung kesenian, area open stage, lahan parkir, pagar luar dan area yang masih milik Pemprov Jateng dan gapura taman sisi utara.

Perlu di ketahui, pekerjaan tahap pertama di lakukan berupa taman parkir di lahan yang berasal dari dana hibah Pemprov Jateng telah selesai dan sudah di fungsikan.

Pembuatan taman parkir kali tersebut termasuk penataan Taman Balekambang tahap pertama. Namun karena pandemi Covid 19, revitalisasi baru di lanjutkan menjelang akhir 2020.

Karena itu, hanya sebagian lahan yang di garap dengan alokasi anggaran sekitar Rp 4,3 miliar pada tahap pertama. Tahap kedua, melanjutkan pekerjaan taman parkir. Selain parkir, tak luput dari sentuhan yakni landscape di area panggung terbuka dan sekitar tribun penonton. (OGO/red)

Baca juga: Gibran Rakabuming Salurkan 150 HP Bagi Siswa Kurang Mampu


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts