Daerah

Pemkot Pangkalpinang Gelar MTQH ke XXIX Tahun 2021

Pemkot Pangkalpinang Gelar MTQH ke XXIX.

Pangkalpinang, Journalarta.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang gelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) ke XXIX tingkat kota Pangkalpinang tahun 2021.

MTQH ke XXIX kota Pangkalpinang tersebut di selenggarakan di Ruang OR Kantor Walikota Pangkalpinang, Kamis (1/4/2021) malam.

Perlombaan MTQH mengusung Tema “Dengan MTQH XXIX Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2021 Kita Tingkatkan Pemahaman AL Qur’an dan Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman”. Kegiatan itu di ikuti sebanyak 412 orang peserta dalam perlombaan terdiri dari 7 kecamatan sekota Pangkalpinang.

Walikota Pangkalpinang, H.Maulan Aklil (Molen) dalam sambutanya mengatakan dia lama di luar daerah, tapi ketika kembali ke kampung halaman terasa begitu nikmatnya.

“Budaya melayu harus tetap kita jaga, jangan sampai runtuh/ ambruk. Saat ini muda-mudi kita mungkin hanya 30 persen saja yang mau ke masjid,” tuturnya.

Molen mengatakan akan mengumrohkan para muda-mudi kita yang menang MTQH agar ada semanggat baru di kota Pangkalpinang.

“Saya bukan ahli agama, saya hanya umaroh dan akan selalu dekat dengan ulama. Mari kita bersama bangun kota Pangkalpinang,” jelas Molen.

Molen juga mengajak untuk membuang rasa iri dan dengki mari kita bersama-sama jaga iman kita agar bisa masuk surga.

“Bagi yang kuat iman mari tarik kawan-kawan kita untuk mengikuti kegiatan Gerbang Surga,”pintanya.

Walaupun anggaran kegiatan MTQH ini sangat minim akan tetapi bisa berjalan dengan sukses.

Baca juga: Gapura dan Taman Vertical Garden Dicoret OTD, Walikota Marah Besar

“Yang penting pelaksanaannya bisa berjalan. Kita harus pintar-pintar berinovasi di tengah Covid 19 tanpa harus menghilangkan marwahnya,” tegasnya.

Ia juga mengatakan jika ia tidak benar, jangan ikuti walaupun seorang umaroh. Tapi  berharap masyarakat di kota Pangkalpinang bisa ada kaderisasi generasi muda kita.

“Kita sudah berkerja sama dengan Honda MTQH ke XXIX kita siapkan satu unit motor tahun ini,”pungkasnya.

Molen menambahkan,” pelaksanaan MTQ di adakan di enam arena yaitu dengan arena utama di ruang OR kantor walikota pangkalpinang, Di kantor kecamatan girimaya, Di kantor KoNi pangkalpinang, Di kantor Bapeda Pangkalpinang, Di SD 13 pangkalpinang dan Di kantor Kemenag Kota Pangkalpinang,”tutupnya.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan MTQH ini untuk pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kegiatan yang berkaitan dengan pengamalan seperti membaca, menghafal, memahami, menafsirkan dan menyampaikan tuntunan al-Quran perlu di giatkan melalui ajang perlombaan.

Agenda Nasional ini di tujukan di samping untuk peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan masyarakat muslim sebagai MAJORITY PEOPLE di negeri ini. Selain itu, di tujukan untuk membumikan Al-Qur’an sebagai Petunjuk Paripurna yang menjamin keselamatan hidup di dunia dalam kerangka tuntunan bahkan menjadi membangun Negara Republik Indonesia yang Baldatun akhirat, Thoyyibatun wa Rabbun Ghofuur.

Dalam lingkup Kota Pangkalpinang penyelenggaraan di tujukan untuk Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits meningkatkan seni baca dan pengamalan Al-Qur’an, serta mendukung program pembangunan Bidang keagamaan.(FJr)

Baca juga: Rumah Singgah PGK, Mimpi Besar Walikota Pangkalpinang Sebelum Menjabat


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts