Daerah

Angin Puting Beliung di Pangkalpinang, 1 Orang Tertimpa Pohon

Hujan di Sertai Angin Kencang Pangkalpinang Mengakibatkan 22 Rumah Rusak.

Pangkalpinang, Journalarta.com – Hujan di sertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 22.45 Wib Senin malam di wilayah kota Pangkalpinang mengakibatkan 22 rumah rusak ringan sampai dengan sedang. 10 Pohon tumbang dan 9 kendaraan roda dua, 1 kendaraan roda empat.

Hal tersebut di sampaikan oleh Dedi Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang saat di temui media di kantor BPBD Pangkalpinang, Selasa ( 6/4/2021).

“Jadi untuk kejadian semalam pukul 21.45 Wib kejadian angin kencang yang terjadi di wilayah kota pangkalpinang. Untuk sementara data yang masuk di kami akibat dari angin kencang tersebut untuk rumah yang kerusakan ringan sampai dengan sedang berupa asbes, seng, kanopi baja ringan itu terdata sementara ada 22 rumah,” ungkapnya.

“Kemudian untuk pohon tumbang kita terdata sampai dengan pagi ini sekitar 10 pohon tumbang yang ada di daerah kel. Batin tikal. Kel. Batin tikal ini yang terbanyak di antaranya simpang transmart, RSBT, Pia Hotel, warkop 99 , Rumdin Dandim,” tambahnya.

Dedi juga mengungkapkan, selepas angin kencang terjadi sampai saat ini Tim BPBD sudah mulai melakukan pemotongan pohon yang menggangu arus kendaraan, serta adanya korban jiwa tertimpa pohon.

“Jadi dari semalam kita sudah mulai pemotongan pemangkasan pohon yang menggangu arus kendaraan yang kita utamakan kemudian untuk kelurahan sriwijaya. Itu di depan perumahan permata sriwijaya ada pohon yang tumbang. Ada korban yang tertimpa pohon satu korban luka ringan, kemudian juga ada baja ringan yang ada roboh di sapu angin sampai jalan itu juga ada satu korban yang tertimpa,” ungkapnya.

Dedi melanjutkan untuk korban jiwa sampai saat ini terdata ada dua korban jiwa luka luka ringan. Selanjutnya untuk kendaraan yang tertimpa pohon ini data ada 9 untuk roda 2 dan untuk roda 4 ada satu yang ada di parkiran pia hotel.

Baca juga: Tiga Sling Jerambah Gantung Hilang, Walikota Pangkalpinang Lapor Polisi

“Untuk yang di pia hotel juga semalam kita lakukan evakuasi pemindahan kendaraan roda empat yang terjepit dengan kanopi. Selain itu juga kita lakukan pemangkasan pohon sampai dengan pagi tadi. Pohon tersebut ada di lokasinya di rumah dinas wakil gubernur dan tumbang roboh ke arah batin tikal serta arah perkarangan Pia hotel. Akibat dari itu satu tiang listrik hampir tumbang dan kanopi yang menimpa kendaraan roda 4 yang ada di parkiran pia hotel,” terangnya.

“Kemudian kita sampai dengan siang hari ini mencoba menginfanisir korban yang rumah nya terdampak angin semalam dan untuk itu ada 22 rumah,” jelasnya.

Dedi meneruskan, saat ini BPBD sedang menyalurkan bantuan berupa badan bangunan seperti Asbes, Seng, Papan.

“Dan ini kita dari BPBD mencoba memberikan bantuan yang ada di kita seperti Asbes, Seng, Papan yang ini terus jalan sampai saat ini di distribusikan oleh kawan-kawan dari BPBD,”imbuhnya.

Untuk Cuaca Xtrime sendiri Dedi menggungkapkan di akibatkan oleh dari Imbas Siklon Siroja yang terjadi di NTT.

“Untuk cuaca xtrime emang di prediksikan pada tanggal 4, 5, 6 ini dari imbas siklon siroja yang terjadi di NTT ini salah satunya imbasnya ke kita angin kencang. Tapi ini Insyallah hari ini cuaca xtreme angin kencang ini mulai mereda untuk angin kembali siklusnya normal,” jelasnya.

Dedi juga menghimbau kepada Masyarakat Kota Pangkalpinang untuk selalu Waspada.

“Jadi untuk himbauan kami kepada masyarakat kota pangkalpinang untuk selalu waspada apabila terjadi angin kencang ataupun hujan di sertai angin agar bisa mencari tempat yang aman berteduh untuk menghindari pohon pohon besar yang mudah tumbang oleh Angin kencang,” himbaunya.(Fjr)

Baca juga: Pangkalpinang Dilanda Puting Beliung, Ketua DPRD Himbau Warga Waspada


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts