Daerah

Pengerukan Pasir Laut oleh PT. Pulomas Akibatkan Muara Air Kantung Dangkal

Danrem 045/Gaya, Gubernur, Kapolda dan Kajati Tinjau Muara Air Kantung

Bangka, Journalarta.com – Danrem 045/Gaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, S.I.P., M.Tr.(Han) mendampingi Gubernur Babel DR. H. Erzaldi Roesman, Kapolda Irjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat, Kajati I Made Suarnawan, Danlanal Babel Kolonel Laut P Dudik Kuswoyo, S.E meninjau Muara Air Kantung di Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (16/04/2021).

Peninjauan dalam rangka untuk melihat langsung aktifitas pengerukan Pasir Laut yang di kelola oleh PT. Pulomas Sentosa yang mengakibatkan pendangkalan pada Muara Laut yang berimbas terganggunya aktifitas para nelayan setempat.

Gubernur dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa masalah kandas ataupun pendangkalan dan penyempitan muara tersebut yang terus berlarut sudah di lakukan upaya beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: 3 Abad Lebih Timah Babel Diambil, Royalti Dari PT Timah Hanya 3%

Bahkan Menteri Kelautan yang saat itu di jabat oleh Edy Prabowo sudah mengadakan pengerukan sekaligus untuk pengembangan PPI. Namun terkendala oleh suatu hal yang belum di sepakati dengan PT. Timah.

Akibat kendala tersebut, maka PPI mencari mitra yang dapat menyelesaikan pendangkalan di Muara Air Kantung.

Saat ini yang mengelola adalah PT. Pulomas, namun tidak ada solusi bahkan masalah bertambah. Oleh karena itu sudah di lakukan pemanggilan untuk konfirmasi mengenai masalah Amdal.

PT. Pulomas mengerti akan kesalahannya dan bersedia untuk melakukan perubahan namun sampai dengan sekarang, belum ada realisasinya.

Gubernur menegaskan akibat permasalah tersebut timbul gejelok di masyarakat nelayan setempat, maka Forkopimda meninjau langsung dan akan membentuk tim untuk mengambil kebijakan dan tindakan kedepan untuk mencari solusi terbaik. (LD1/RH.Penrem)

Baca juga: Jika Tidak Tegas, Gubernur Babel Siap Tarik AMDAL PT Timah


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts